Hak Cipta @Redaksi

Sijago Merah Lalap Dua Unit Rumah Hingga Habis di Huraba

Terlihat si jago merah sedang melalap empat unit rumah di Desa Huraba I Kecamatan Siabu Madina

Terlihat si jago merah sedang melalap empat unit rumah di Desa Huraba I Kecamatan Siabu Madina

Panyabungan (Start News) –  Si jago merah kembali mengamuk di Desa Huraba I Kecamatan Siabu Kabupaten Mandialing Natal, Sabtu 24 September 2016 malam sekitar pukul 22.30 WIB. Dua unit rumah panggung kandas dilalap si jago merah sementara dua unit rumah lainnya terbakar di bagian belakangnya saja.

Rumah warga yang terbakar di Desa Huraba I Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal tersebut diduga akibat kayu api yang ditinggalkan pemiliknya ketika hendak memasak, ke empat rumah warga terbakar yang membuat seluruh warga disekitar lokasi kebakaran kalang kabut mengucapkan “Api…., kebakaran…. Kebakaran sambil teriak-teriak minta tolong agar dipadamkan apinya”.

Mendengar teriakan warga sekitar yang terbakar, seluruh warga Desa Huraba I dan II yang mengetahui ada kebakaran langsung turun tangan, ada yang membawa ember yang berisi air sehingga teriakan “Minta Tolong dan mengatakan Api….. Api…. Padamkan dan Ibu-ibu banyak yang berteriak histeris“.

Informasi yang diperoleh, bahwa rumah yang terbakar ludes adalah milik Nirwan (50) dan Horma (51) yang tinggal hanya pakaian dibadan saja, sementara dua lagi rumah terbakar adalah milik Boru Buan dan Hudawi yang rumahnya terbakar dari bagian belakang.

Diterangkan warga di tempat kejadian, asal api belum diketahui secara pasti namun diperkirakan akibat kayu api yang ditinggal setelah selesai memasak, namun warga tiba-tiba melihat api dengan cepat membesar menghanguskan dua rumah tersebut, apalagi suasana duka masih menimpa warga, jadi belum dapat ditanyakan apakah api dari mana asalnya.

“Korban jiwa tidak ada, dua rumah ludes rata dengan tanah dan kerugian akibat kebakaran empat rumah tersebut menurut perkiraan sekitar Rp.250 juta, karena hanya pakaian yang dibadan saja yang tinggal,” ujar Siti salah seorang warga Desa Huraba.

Pemadam datang terlambat, sebab jarak tempuh dari Panyabungan ke Siabu dipastikan memakan waktu paling cepat setengah jam, makanya seharusnya Pemerintah Mandailing Natal sangat dharapkan sekali menempatkan minimal satu unit mobil Pemadam di wilayah Siabu, sebab sudah sering terjadi kebakaran. Mobil pemadam baru sampai setelah api dapat dijinakkan oleh warga dan sudah sempat menghanguskan rumah warga hingga kandas.

“Kami memohon kepada Bupati maupun DPRD Madina untuk dapat menempatkan Mobil Pemadam Kebakaran di Siabu, bukan kami mau mendoakan agar sering terbakar rumah di wilayah kami, tetapi menjaga jangan sampai kebakaran makin meluas jika ada yang kebakaran, sebab bisa diatasi secepatnya, tolonglah pak Bupati dan DPRD,”  ujar warga di lokasi kejadian malam itu.

Kades Huraba I Domroh Parinduri yang dihubungi di lokasi, membenarkan terjadinya kebakaran empat rumah, dua rumah habis ludes dan dua rumah lagi, bagian belakang rumahnya yang terbakar dan keluarga yang rumahnya terbakar ditempatkan di rumah keluarganya dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

“Memang sudah sewajarnya ada diposkan mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Siabu ini, mengingat Kecamatan Siabu merupakan lokasi yang padat penduduk, sehinggga apabila tejadi kebakaran akan mudah meluas ke rumah lainnya,” Katanya.

Reporter : Z Ray

Manager Program & Pemberitaan : Hendra Ray

Admin : Ade

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...