Soal Upaya Menurunkan Status PPKM Level 4 di Madina, Begini Jawaban Kapolda Sumut

Panyabungan, StartNews – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. RZ Panca Putra meminta semua pihak bekerja sama membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) dalam menjalankan tugasnya menangani pandemi Covid-19, terutama dalam menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke semula level 2.

“Saya berharap PPKM level 4 itu jangan dijadikan sebuah hal yang menakutkan, tetapi harus diselesaikan secara bersama-sama,” kata Irjen Pol. Panca saat wawancara doorstop dengan startnews usai rapat dengan Forkopimda Madina di Aula Kantor Bupati Madina, Panyabungan, Jumat (10/9/2021) sore.

BACA JUGA: 

Sukhairi Minta Bantuan Pangdam dan Kapolda Turunkan Status PPKM Level 4 Madina
Kapolda Sumut dan Pangdam Tinjau Vaksianasi Merdeka di Ponpes Musthafawiyah

Menurut jenderal polisi bintang dua ini, tidak perlu lagi dipikirkan tentang apa, kenapa, dan siapa penyebab status PPKM level 4 itu ditetapkan untuk Kabupaten Madina. Yang penting sekarang, kata Panca, semua pihak melakukan penanganan Covid-19 secara baik. “Termasuk salah satunya melakukan penataan di pendataannya (Covid-19),” ujar Panca.

Untuk langkah penanganan Covid-19 kedepannya, Panca bersama Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin telah memberikan pengarahan kepada Pemkab Madina tentang apa saja yang harus dilaksanakan dan diperbaiki. “Termasuk melakukan testing, karena testing dan vaksinasi masyarakat di sini (Madina) masih rendah,” katanya.

Menurut Irjen Pol. Panca, pelaksanaan testing dan vaksinasi menjadi salah satu item penilaian pemerintah pusat dalam menentukan status PPKM untuk suatu daerah. “Itu (testing dan vaksinasi) menjadi penilaian dari pusat yang harus kita dorong,” tutur mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Untuk membantu Pemkab Madina melakukan testing dan vaksinasi, Panca akan mengirimkan tim vaksinator dan laboratorium mobile PCR dari Polda Sumut. “Besok akan sampai di sini (Madina),” tegasnya.

Panca optimistis dalam dua pekan kedepan, masalah status PPKM level 4 di Madina akan terselesaikan, sehingga masyarakat Madina kembali dapat beraktivitas seperti biasa. “Tidak perlu saling menyalahkan, tetapi harus bergandengan tangan untuk bisa melewati kebijakan PPKM level 4 ini,” tuturnya.

Reporter: Ika Rodhiah/Sir

The post Soal Upaya Menurunkan Status PPKM Level 4 di Madina, Begini Jawaban Kapolda Sumut first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi