Sobir Lubis : Kadisdik Madina Dipanggil Bulan April Terkait Gaji Honor TKS

Sobir Lubis : Kadisdik Madina Dipanggil Bulan April Terkait Gaji Honor TKS

Mandailing Nata.StArtNews- Persoalan gaji honorer Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang belum dibayarkan oleh Dinas Pendidikan Madina masih menjadi perbincangan di kalangan sejumlah aktivis, mahasiswa dan LSM di Kabupaten Madina.

Pasalnya, hingga Jumat (20/03) gaji ribuan honorer TKS tersebut belum juga dibayarkan. Mirisnya lagi, menurut keterangan dari keuangan daerah gaji honorer itu sudah dicairkan ke rekening Bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Madina.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Sobir Lubis mengaku Ada rencana untuk memanggil Kadis Pendidikan pada bulan April ini.

“Mungkon di Bulan April nanti, sekarang masih ada kegitan kita di DPRD,” katanya.

Seperti diketahui, jumlah tenaga honor guru TKS tingkat SD dan SMP mencapai 2000 lebih, dengan variasi gaji Rp800.000 sampai 1 jutaan.

Dugaan lain, gaji honor TKS ini diduga diendapkan di rekening cadangan milik Dinas Pendidikan, bukan di Rekening resmi. Pasalnya per 31 Desember 2019 lewat, rekening resmi Dinas Pendidikan sudah harus kosong.

Ironisnya, dana gaji tersebut bukan sedikit, karena dari informasi dari guru TKS, untuk wilayah Panyabungan mereka tidak digaji selama 1 bulan yakni bulan desember 2019, sementara untuk wilayah Pantai Barat 2 bulan terakhir, yakni Nopember dan Desember 2019.

Hal lainnya, sampai saat ini, perpanjangan SK guru honor TKS juga belum diperpanjang pihak Dinas Pendidikan, sehingga gaji guru honor itu pun ikut mandek di tahun 2020 ini. Terhitung mulai Januari sampai bulan ini, para guru honor TKS belum gajian.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...