Hak Cipta @Redaksi

Tabagsel Berpotensi Hujan hingga Akhir Januari !Tetap Waspada dan Berdoa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, kondisi cuaca di wilayah Tabagsel masih berpotensi hujan, terutama di waktu siang, sore dan malam hari. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berdoa.

Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan Syahnan memaparkan, secara umum kondisi cuaca di wilayah Padangsidimpuan (Psp) dan sekitarnya diperkirakan akan diguyur hujan dalam tiga hari ke depan, bahkan selama bulan Januari. Namun intensitasnya dari ringan dan sedang.

“Selama beberapa hari ke depan, kondisi cuaca di wilayah Tabagsel diperkirakan tetap masih ada hujan, namun intensitasnya ringan, sedang dan terjadi di waktu siang, sore dan malam hari,” jelasnya, Minggu (8/1).

Untuk hari  Senin (9/1), wilayah Kota Padangsidimpuan di pagi hari prakiraan cuaca cerah dan berawan. Namun di siang hari akan turun hujan dengan intensitas ringan dan berlanjut hingga sore hari.

Untuk waktu dini hari, diperkirakan cerah. Suhu udara dari 23 derajat hingga 32 derajat celcius serta kelembaban udara mencapai dari 70 hingga 95 persen.

“Dengan prakiraan tersebut, suhu udara mencapai 32 derajat dan kelembaban udara hingga 95 persen,” ungkapnya.
Begitupun, kondisi cuaca tidak dapat diprediksi secara pasti. Dan selalu berubah-ubah. Melihat kondisi tersebut, jika hujan masih terjadi sangat rawan terjadinya potensi bencana alam seperti banjir, longsor, pohon tumbang dan lainnya.

Untuk itu, ia tetap mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di dekat aliran sungai agar selalu waspada. Apalagi jika melihat intensitas air sudah tinggi dan membesar.

“Khusus kepada masyarakat yang tinggal di dekat dengan aliran sungai, jika melihat kondisi air tinggi agar mengantisipasi terjadinya banjir,” imbaunya.

Begitu juga untuk yang tinggal di areal lereng atau perbukitan, agar selalu waspada terhadap bencana longsor yang juga rawan terjadi saat kondisi musim hujan.

“Bagi warga yang tinggal di areal perbukitan juga diimbau selalu waspada. Terutama saat kondisi hujan yang terjadi secara terus menerus, baik dengan intensitas ringan bahkan lebat. Karena berpotensi terjadinya longsor,” sebutnya. (yza)

Sumber : MetroTabagsel.Com

Editor : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...