Hak Cipta @Redaksi

Tidak Dioperasikan, Mesin Pengolah Sampah di Desa Batang Gadis Berkarat

Mandailing Natal, Startnews – Sejumlah peralatan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada di Desa Batang Gadis, Kecamatan Panyabungan, Barat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) jadi mubazir.

Mesin-mesin yang seharusnya dioperasikan untuk mendaur ulang sampah organik maupun non organik itu  kini tak berfungsi sehingga mesin tersebut dilapisi karat.

Dari pantauan StArtNews, selain mesin olahan sampah tak terpakai, ada juga alat berat terperosok di kubangan sampah. kondisi mesin dan peralatan lainnya sudah keropos, layaknya besi tua tak terawat.

Dari informasi yang dihimpun StArtNews peralatan untuk daur ulang sampah tersebut tidak dioperasikan sejak empat tahun silam sampai sekarang. Kemudian alat berat “Beko” pernah juga terbakar.

Salah seorang pemerhati, Irham mengatakan sangat menyayangkan sejumlah peralatan daur ulang sampah milik Pemkab Madina tidak fungsikan.

“Mesin daur ulang sampah yang ada di TPA itu kan dialokasikan anggarannya dari APBD, ketika tidak difungsikan ini bukti ketidakmampuan pengelola, “katanya saat dikonfirmasi di Panyabungan, Kamis (8/8).

Sementara Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Madina, Kashmir S.Pd saat dihubungi beberapa hari lalu mengatakan, untuk kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan sampah di TPA dia belum menguasai sepenuhnya.

“Sekretaris atau Kepala Bidang yang lebih mengetahui kegiatan olahan Sampah di TPA. Sama mereka saja bertanya, ” ujarnya.

Kemudian Kepala Bidang Sampah akui, memang benar beberapa alat olahan sampah di TPA sudah lama tidak difungsikan lagi.

“Itu diakibatkan SDM-nya kurang sehingga alat olahan sampah sementara ini tidak dioperasikan, “tutupnya.

 

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...