Untuk Meraih Opini WTP, Bupati Madina akan Ubah Sistem Pengelolaan Keuangan

Untuk Meraih Opini WTP, Bupati Madina akan Ubah Sistem Pengelolaan Keuangan

Medan, StartNews – Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan menyarankan agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) membuat laporan keuangan per triwulan (sekali dalam 3 bulan).

“Agar laporan keuangan secara tahunan dapat dianalisis dan diamati secara periodik,” kata Eydu Oktain Panjaitan saat menerima kunjungan Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution dan rombongan di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Medan, Jumat (27/8/2021).

Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution menyambut baik saran tersebut. Sepulang dari Medan, Sukhairi berjanji  akan menindaklanjuti saran Kepala BPK-RI Perwakilan Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan tersebut.

“Sambutan Ketua BPK Perwakilan Sumatera Utara sangat baik. Beliau memberikan masukan dan saran agar laporan keuangan harus dilaporkan per triwulan untuk internalnya saja. Kalau ke BPK-nya kan tahunan,” ujar Sukhairi.

Untuk menindaklanjuti saran tersebut, Sukhairi akan memerintahkan pimpinan OPD atau kuasa pembuat anggaran bekerja dengan disiplin dan tepat waktu. “Jika ada temuan-temuan langsung ditindaklanjuti,” tutur Sukhairi menirukan ucapan kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara.

Sukhairi juga memerintahkan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Madina untuk mengubah sistem pengelolaan keuangan di instansi masing-masing dengan baik. “Agar WTP (opini wajar tanpa pengecualian dari BPK) tersebut tercapai,” kata sukhairi.

Sukhairi menegaskan, Pemerintah Kabupaten Madina antusias meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Meraih itu (WTP) butuh kerja keras dalam pelaporan keuangan tepat waktu dan bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Dalam pertemuan dengan kepala BPK-RI Perwakilan Sumatera Utara itu, Sukhairi didampingi Inspektur Kabupaten MadinaMarwan Bakti Siregar, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Madina Randuk Efendi Siregar, dan Direktur RSUD Husni Thamrin Natal dr. Faisal.

Reporter: Saparuddin Siregar

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi