Warga Aek Banir Adukan Kades ke Inspektorat

Panyabungan, StArtNews- Darwis, Kepala Desa (Kades) Aek Banir, Kecamatan Panyabungan diadukan warga ke Inspektorat Madina, Jumat (24/07).

Pengaduan warga Aek Banir ke Inspektorat diantar langsung Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Suhamdi. Dalam surat itu ada empat poin pengaduan warga yakni di bidang bangunan fisik, pemberdayaan masyarakat, BUMDes dan dugaan pungli.

Pada bangunan fisik rabat beton tahun 2016 hingga 2019 warga menduga terjadi tindak pidana korupsi. Menurut warga rabat beton yang dibangun tidak sesuai dengan RAB.

Kemudian biaya konsumsi pelatihan sepak bola Naposo Bulung diduga tidak ada, sementara uangnya sudah dicairkan. Selanjutnya pengadaan susu merek Anlene pada program penambahan gizi lansia dari ADD tahap II tahun 2017 diduga tidak disalurkan.

Begitu juga dengan biaya honor nara sumber dan MC, kegiatan pengantaran jenazah dari ADD tahap II tahun 2017 juga diduga tidak disalurkan.

Selanjutnya, biaya pengadaan beras dan telur penambahan gizi lansia dari ADD tahap II tahun 2017 juga diduga tidak dilaksanakan. Sementara itu Bumdes tahun 2017 dan 2018 diduga dikorupsi untuk memperkaya oknum-oknum tertentu.

Kepala desa juga diduga melakukan pungli terhadap masyarakat miskin terkait bantuan bedah rumah tahun 2014.

Menurut pengakuan warga, Kades mengutip uang sebesar Rp 25.000 per orang kepada lebih kurang 200 kepala keluarga (KK).

Dengan adanya pengaduan tersebut, warga berharap penegak hukum mengkaji laporan itu sekaligus melakukan investigasi ke lapangan.

“Diminta kepada aparat penegak hukum atau inspektorat Madina untuk menindaklanjuti laporan warga kami ini,” pinta Suhamdi.

Suhamdi menambahkan bila laporan itu ditindaklanjuti dan ditemukan kejanggalan atau pelanggaran yang dilakukan oleh kepala desa, warga meminta Inspektorat Madina agar menindak kepala desa sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi