30 Auditor di Sumut Pertajam Kemampuan Audit Investigasi

30 Auditor di Sumut Pertajam Kemampuan Audit Investigasi

Medan, StartNews – Sebanyak 30 auditor dari lembaga inspektorat provinsi dan kabupaten/kota dididik dan dilatih untuk meningkatkan kemampuan mereka melakukan audit investigasi. Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ini diadakan selama tiga hari (11-13/10/2021) di  Aula Cemara Kantor BPSDM, Medan, Senin (11/10/2021).

Kegiatan bertajuk Bimtek Audit Investigasi tersebut digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatera Utara (Sumut).  Narasumber yang dihadirkan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hardono serta sejumlah pendidik lainnya.

“Sekarang ini bukan eranya lagi ‘kerja tak kerja’. Karena para ASN dituntut untuk menjadi profesional dalam bidang apa saja. Jadi, melalui diklat ini (Bimtek), diharapkan Anda semua bisa menjadi tokoh atau sosok yang profesional,” kata Kepala BPSDM Sumut Asren Nasution.

Untuk memenuhi apa yang disebut profesional, menurut Asren, setidaknya seorang aparatur harus memiliki tiga syarat utama yang melekat dalam dirinya, yakni memiliki skill atau keterampilan, pengetahuan, keilmuan dan mampu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Sehingga diharapkan, dari Bimtek tersebut dapat mewujudkannya.

“Yang kedua adalah komitmen. Ini yang harus kita bangun. Ini hasrat, keinginan, dan kemauan mencapai tujuan/visi-misi dan nilai-nilai organisasi. Yang ketiga, etika atau moralitas sebagai aparatur,” jelas Asren.

Syarat tersebut, lanjut Asren, harus dimiliki seorang aparatur. Tidak bisa disebut profesional jika ketiganya tidak tertanam dalam diri ASN, karena hal itu memengaruhi totalitas dalam bekerja.

“Mudah-mudahan kegiatan selama tiga hari ini menambah kompetensi para auditor kita. Sebab, banyak yang kurang maksimal, karena kompetensinya secara profesional belum ada,” sebutnya.

Asren juga menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang akan memberikan Bimtek kepada peserta dari inspektorat provinsi maupun kabupaten/kota se-Sumut. Usai membuka diklat, dia menyematkan tanda kepesertaan kepada sejumlah perwakilan secara simbolis.

“Kepada peserta, banyaklah bertanya agar semakin banyak ilmu yang kita dapat. Selamat mengikuti Bimtek,” tutup Asren.

Reporter: Rls/Sir

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi