4 Tarian Daerah Jawa Timur yang Mendunia

Flash – Tarian daerah di Jawa Timur sangat beragam dan masing-masing tariannya memiliki keunikan dan makna tersendiri. Tenyata tarian daerah di Jawa Timur banyak yang dikenal oleh masyarakat Indonesia hingga ke mancanegara.

Tarian adat Jawa Timur muncul sebagai representasi bentuk seni tari yang berkembang secara turun temurun. Ini menjadi identitas budaya bagi masyarakat setempat. Macam-macam tarian daerah ini menjadi identitas budaya bagi masing-masing daerah di Jawa Timur, setiap tariannya memiliki gerakan dan makna tersendiri.

Macam-macam tarian daerah di Jawa Timur terdiri dari tari Reog Ponorogo, tari thengul, tari gandrung, dan masih banyak lainnya. Berikut 4 tarian daerah di Jawa Timur yang Mendunia :

Tari Reog Ponorogo

Merupakan tarian tradisional Jawa Timur yang popularitasnya mendunia. Seni asli Ponorogo ini masih kental dengan hal-hal yang berbau mistis.

Kesenian ini biasanya dipentaskan dalam berbagai upacara adat dan acara pernikahan. Terdapat dua hingga tiga jenis tarian yang ditampilkan, dengan tarian utamanya adalah penampilan penari dengan memakai topeng kepala singa. Uniknya penari mampu membawa topeng yang memiliki berat sekitar 50-60 kilogram.

Tari Thengul

Merupakan tari tradisional asli Bojonegoro, Jawa Timur. Tari ini terinspirasi dari kesenian wayang Thengul yang berkisah tentang cerita rakyat seperti cerita wayan gedhog.

Tari Thengul biasanya dipentaskan oleh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai Wayang thengul. Tari Thengul biasanya ditampilkan di acara-acara hajatan atau acara budaya yang di gelar Pemerintah Bojonegoro. Namun, kini tari Thengul tampil pada event Thengul International Folklore Festival 2019 yang berskala Internasional.

Tari Gandrung

Merupakan tari tradisional khas Banyuwangi. Macam-macam tarian daerah ini dilakukan sebagai wujud syukur masyarakat setelah panen.Pertunjukan Tari Gandrung disajikan dengan iringan musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali.

Tari Gandrung ini sering dipentaskan mulai dari acara perkawinan, pethik laut, khitanan, tujuh belasan dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainnya. Macam-macam tarian daerah ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi yang tak hanya terkenal di Indonesia, bahkan sudah mendunia.

Tari Kuda Lumping

Kuda lumping atau biasa disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian Jawa Timur yang berasal dari Ponorogo. Tarian ini menampilkan sekelompok prajurit yang sedang menunggang kuda. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Kuda itu dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau lainnya yang dikepang.

Macam-macam tarian daerah di Jawa Timur tersebut merupakan tarian tradisional ataupun tarian kreasi baru yang dikembangkan oleh masyarakatnya hingga bisa dikenal oleh dunia.

Sumber: Liputan6.com

The post 4 Tarian Daerah Jawa Timur yang Mendunia first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...