75 Pelaku UMKM di Madina Ikut Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

Panyabungan, StartNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMPK) Kominfo Medan menggelar pelatihan bertajuk ‘Digital Entrepreneurship Academy’ di Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, Selasa (31/8/2021).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari (31 Agustus sampai 1 September 2021) ini diikuti 75 peserta dari kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Madina.

Penandatangan kerja sama dan pembukaan pelatihan tersebut dihadiri Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution dan didampingi Kepala Bappeda Lis Mulyadi Nasution, Kepala BKD Riswan, Kepala Diskominfo Syahnan Pasaribu, Kepala DPMPTSP Parlin Lubis, Kepala Dinas Koperasi UKM, dan Kepala Dinas Perdagangan Jhon Amriadi.

“Kita menyambut positif program Kementerian Komunikasi dengan mengadakan pelatihan di seluruh Indonesia. Alhamdulillah, BBPSDMPK Sumut memilih Kabupaten Madina. Kita menyambut positif dengan menghadirkan telenta terbaik di Madina,” kata Atika usai menanda-tangani naskah kerja sama tersebut.

“Mudah-mudahan pelatihan ini berdampak positif pada UMKM dalam menggunakan teknologi, sehingga dampaknya bermuara pada peningkatan penjualan UMKM di Mandailing Natal,” papar Atika.

Atika otimistis pemanfaatan teknologi digital dapat memajukan UMKM. “Perkembangan teknologi diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan UMKM dalam digitalisasi,” kata wakil bupati perempuan termuda di Indonesia ini.

Atika mencontohkan prestasi yang ditorehkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadim Makarim di bidang bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

“Gojek bisa menjadi besar dan menjafi unicorn dan dekakon untuk memajukan Indonesia. Juga dapat membantu banyak orang,” ungkap Atika.

Atika mengungkapkan, belakangan ini transaksi e-commerce mencapai Rp 266 triliun. Angka itu lebih besar dari transaksi yang dibukukan perbankan.

“Digitalisasi ini menjadi ancaman bagi orang yang tidak mau berkembang dan maju. Karena itu, jangan kita hanya menjadi penguna. Kita harus menjadi pionir,” ujarnya.

Untuk itu, dia mendorong para pelaku UMKM di Madina memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era kekinian agar usahanya dapat maju dan berkembang.

Saat ini, menurut dia, Pemkab Madina berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) Madina agar lebih maju lagi.

“Kita usahakan untuk memberdayakan sumber daya alam selaras dengan pemberdayaan SDM. Mari menjemput bola dan memajukan Madina,” pungkasnya.

 Reporter: Ika Rodhiah

The post 75 Pelaku UMKM di Madina Ikut Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi