8 Desa di Kotanopan Ikuti Perlombaan Pidato Bahasa Mandailing

Kotanopan, StArtNews-Sebanyak 8 Desa di Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal mengirim pesertanya untuk mengikuti kegiatan Sayembara Tabligh Berbahasa Mandailing tingkat anak-anak yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Idulfitri 1442 H di desa Gading Bain Kampung Baru Kecamatan Kotanopan.

Kedelapan desa ini adalah Desa Gading Bain Kampung Baru, Hutabaringin, Tombang Bustak, Gunung Tua Muara Soro, Padang Bulan Muara Soro, Muara Siambak, Muara Pungkut dan desa Manambin. Sedangkan pelaksana kegiatan ini dari keluarga tokoh adat Kotanopan H. M. Reza Fahlewi bekerja sama dengan masyarakat desa Gading Bain.

Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh itu diikuti belasan peserta dan dihadiri beberapa kepala desa, tokoh adat dan masyarakat Kotanopan serta tokoh budaya Mandailing dari Medan Bahsan Parinduri. Kegiatan langsung dibuka tokoh adat Kotanopan H. M. Resa Fahlewi didampingi Ketua Panitia Makmur Pinayungan Lubis.

Acara ini disambut warga dengan antusias, hal ini terbukti banyak orangtua dan warga yang hadir melihat penampilan anak-anak mereka pidato bahasa Mandailing di atas podium.

H. M. Reza Fahlewi dalam sambutannya mengatakan, latar belakang kegiatan ini dilaksanakan berawal dari kekhawatiran budaya Mandailing tergerus zaman. Kemudian sebagai upaya dan solusi agar anak-anak Mandailing lebih mencintai budayanya ketimbang budaya lain.

“Kita prihatin dengan kondisi saat ini, budaya Mandailing hampir tergerus oleh zaman. Makanya kita berkontribusi membuat kegiatan ini. Di tahap awal ini pesertanya masih sebatas wilayah kuriahan Manambin, moga ke depan berkesinambungan dan acaranya bisa lebih besar,” ujar REza Fahlewi.

Sedangkan Tokoh Budaya Mandailing, Bahsan Parinduri didampingi Makmur Pinayungan Lubis mengatakan, dalam falsafah Mandailing apa yang dilaksanakan hari ini adalah perpaduan antara adat dan agama. Kemudian, untuk daerah Kotanopan, atau di tempat pelaksanaan acara saat ini merupakan tempat Tuan Syech Aek Koboran.

“Anak beliau ada namanya Tuan Abdul Aziz, seorang orator dan tokoh di Sumatera Utara. Begitu juga dengan Afifuddin Lubis yang juga tokoh masyarakat Sumut dan orator dari Madina,” sebutnya.

Ia berharap munculnya generasi dan bibit yang bisa fasih berpidato berbahasa Mandailing yang dipadukan dengan syiar agama.

“Karena situasi Covid saat ini pesertanya hanya terbatas. Kita berharap di tahun depan bisa dilaksanakan dengan peserta lebih banyak,” ujarnya.

Sedangkan pemenang dalam kegiatan ini adalah juara I di raih Mahdi Munandar, juara II Putra Ade Usa dan juara III Nurul Hamidah. Usai pengumuman, piala langsung diserahkan tokoh adat Kotanopan H. M. Reza Falewi didampingi Ustaz Syahminan. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Gordang Sambilan dari Naposo Bulung desa Gading Bain.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi