DPPKB Madina Gelar Orientasi untuk Kader Rumah Data

DPPKB Madina Gelar Orientasi untuk Kader Rumah Data

Panyabungan, StartNews – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Mandailing Natal (Madina) menggelar kegiatan orientasi bagi kader rumah data kependudukan di Aula Ladang Sari, Desa Gunungtua Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, Madina, Kamis (29/8/2024).

Hadir dalam kesempatan Kadis DPPKB Elfi Maryani

Kegiatan yang diikuti para kader rumah data itu menampilkan narusumber dari BKBN Provinsi Sumatera Utara (Sumut): Heri Pernata dan Eko Antonius Harianto.

Kepala DPPKB Madina Elfi Maryani menyampaikan rumah data kependudukan merupakan tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan.

“Rumah data kependudukan ini diharapakan dapat difungsikan menjadi model solusi strategis dampak kependudukan di kampung keluarga berkualitas,” katanya.

Elfi mengatakan pengelolaan rumah data kependudukan ini melibatkan masyarakat setempat. Tujuannya, meningkatkan kepedulian dan kesadaran tentang pentingnya data dan informasi, peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat itu sendiri.

“Kami berharap rumah data kependudukan dapat menjadi pusat informasi keluarga, serta memiliki peran yang signifikan dan penting sebagai penyedia data kependudukan yang berbasis masyarakat,” sebutnya.

Sementara Nur Hamidah Lubis, ketua panitia acara, mengatakan rumah dataku merupakan bagian dari kegiatan yang ada di Kampung KB. Data dan informasi, kata dia, dibutuhkan dalam pembangunan. “Data memiliki fungsi yang sangat strategis sebagai dasar untuk membuat keputusan,” katanya.

Melalui rumah dataku, kata dia, diharapkan kedepan menjadi rujukan semua pihak untuk mendapatkan informasi di tingkat desa sekaligus bisa merencanakan penganggaran.

Reporter: Fadli Mustafid

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...