Tambangan Layak Disebut Kecamatan Ramah Anak

Tambangan Layak Disebut Kecamatan Ramah Anak

Tambangan, StartNews – Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) layak disebut kecamatan ramah anak. Pasalnya, kecamatan yang terdiri dari 19 desa ini satu-satunya kecamatan di Madina yang mempunyai program menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh-kembang anak, yakni Marmayam Keta, Marhape Emmajolo.

Ketua DPP Himpunan Pemuda Mandailing (HIPMA) M. Suhairy Lubis mengatakan pemerintah desa getol menggelar permainan leluhur di Kecamatan Tambangan setiap pekan. Dia menilai program ini merangsang kreativitas dan pengembangan potensi anak.

“Anak-anak difasilitasi dalam bermain, kemudian diberikan makanan tambahan,” kata Suhairy Lubis  di Kotanopan, Senin (2/9/2024).

Anak-anak juga diberikan kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat desa. Mereka diajak kegiatan gotong-royong seperti mengumpul sampah serta kegiatan keagamaan, adat dan buaya.

Hal ini membantu anak-anak belajar tentang nilai-nilai sosial, tanggung jawab, dan keterampilan hidup yang kelak berguna bagi masa depan mereka.

Sementara Camat Tambangan Enda Mora Lubis mengatakan sampai saat ini program Marmayam Keta, Marhape Emma Jolo masih terus digalakkan di desa-desa di Kecamatan Tambangan. Bahkan, permainan leluhur yang disuguhkan makin banyak inovasinya agar anak-anak terbatasi dalam penggunaaan gawai.

Minggu (1/9/2024) malam, misalnya, Pemerintah Desa Simangambat TB beserta kader PKK dan kader kesehatan menggelar permainan leluhur dan pemberian makanan tambahan (PMT) di halaman kantor kepala desa setempat. Kegiatan ini selalu dinantikan anak-anak di desa ini.

Begitu juga di Desa Pasar Laru, permainan tradisional juga digalakkan. Begitu juga dengan pemberian makanan untuk menambah gizi sekaligus merangfsang minat anak-anak hadir di acara yang rutini digelar setiap Minggu pagi ini.

Di Desa Huta Tonga AB, kegiatan serupa diadakan di halaman PAUD Pertiwi. Menu makanan tambahannya berupa nasi goreng spesial khas Huta Tonga AB. Begitu juga anak-anak di Desa Muaramais Jambur.

Reporter: Lokot Husda Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...