Aktivis Minta Bupati Madina Copot Jabatan Camat Tambangan karena Merangkap Plt Kades

Tambangan, StArtNews-Camat Tambangan, Yainal Siregar yang merangkap jabatan jadi pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Angin Barat, saat ini menuai pro kontra.

Pasalnya, jabatan Kepala Desa Angin Barat Kecamatan Tambangan sedang kosong akibat jabatan kepala desa yang lama sudah berakhir pada akhir tahun 2019 kemarin.

Namun, masyarakat menilai rangkap jabatan itu dapat memengaruhi kinerja Camat Tambangan di Desa Angin Barat.

Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Indonesia (PD-KAMI) Mandailing Natal, melalui Sekretaris, Aspuddin S.Pd menilai situasi seperti itu tidak pantas terjadi. Karena tidak mungkin seorang camat bisa bekerja maksimal jika merangkap menjadi kepala desa.

“Pasti dari dua jabatan itu ada yang tidak dilaksanakan, karena kedua jabatan tersebut membutuhkan keseriusan dalam pelayanan maksimal pada masyarakat dan tidak mungkin seorang pejabat pemerintah memegang dua sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA),” ungkap Aspuddin di salah satu hotel di Panyabungan, Senin (20/07).

Aspuddin mengungkapkan bahwa di desa itu pasti ada sekretaris desa (Sekdes) yang secara otomatis dapat menjabat sebagai Plt atau pejabat kantor kecamatan di daerah itu yang berkompoten.

“Apa salahnya jika Plt. kades diserahkan kepada sekdes. Karena sekdes pasti mengetahui semua program dan pelayanan dalam desa itu,” tegasnya.

Selain itu pula, Camat Yainal Siregar diketahui tidak berdomisili di salah satu desa di Kecamatan Tambangan. Sehingga, mustahil dirinya mampu bekerja sebagai Kades.

Untuk itu, Aspuddin meminta kepada Bupati Mandailing Natal segera mencopot Camat Tambangan atau menganulir jabatan kades.

“Kalaupun itu dipaksakan, saya minta dia (Camat Tambangan) mengambil keputusan, ingin tetap jadi camat atau memilih menjadi Plt kades. Yang jelas salah satunya harus dilepaskan,” tukas Aspuddin.

Diketahui Camat Tambangan Yanial Siregar diangkat Bupati Mandailing Natal menjadi camat di daerah itu pada bulan Juni tahun 2019. Ia merangkap jabatan sebagai Plt Kepala Desa, Angin Barat pada awal tahun 2020.

Sebelum menjabat sebagai Camat Tambangan, Yainal Siregar juga pernah menjabat sebagai Plt Kepala Desa Huta Tonga AB, Kecamatan Tambangan pada rentang 2014 hingga 2016. Kemudian pada tahun 2018 Camat Tambangan menjabat Plt Kades di Desa Pastap.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi