Aktivitas di Wallpad T, PT SMGP Lecehkan Kementerian ESDM

Aktivitas di Wallpad T, PT SMGP Lecehkan Kementerian ESDM

Panyabungan, StArtNews-Adanya temuan aktivitas perusahaan PT SMGP (Sorik Marapi Geothermal Power) di Wellpad T pada Rabu (9/3) siang yang berujung pada kecelakaan kerja mendapat sorotan tajam dari sejumlah elemen masyarakat Madina.

Ketua PC GMPI (Generasi Muda Pembangunan Indonesia), M. Irwansyah Lubis menyampaikan pengoperasian Wallpad T merupakan pelanggaran serius yang sengaja dilakukan oleh PT SMGP.

Menurutnya, aktivitas yang berujung pada kecelakaan kerja yang menimpa HT (42 tahun) di lokasi kejadian naas yang menewaskan 5 warga Sibanggor Julu adalah pelecehan terhadap Kementerian ESDM. Terlebih zona tersebut tidak termasuk yang mendapat izin pengoperasian kembali.

Sekretaris DPC PPP Madina ini meminta Direktur Panas Bumi EBTKE Kementerian ESDM untuk mengambil tindakan tegas dengan menutup seluruh aktivitas perusahaan.

“Kita minta Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Harris, ST, MT jangan lagi diam menyikapi ini. Segera jatuhkan sanksi tegas seberat-beratnya kepada PT SMGP dengan menutup seluruh aktivitas perusahaan demi keadilan dan keselamatan rakyat,” tegas Irwan.

Selain itu, jelas Irwan, aktivitas di Wallpad T menunjukkan arogansi PT SMGP dengan mengabaikan keberadaan Kementerian ESDM.

“Kita melihat insiden di Wellpad T adalah lokasi yang tidak termasuk diberikan beroperasi. Inilah potret arogansi dan kesewenang-wenangan yang nyata dari koorporasi asing PT SMGP. Hal ini bentuk pelecehan, pengabaian yang disengaja terhadap aturan main (rule of game) dan sama sekali tidak menghargai keberadaan Kementerian ESDM,” tegas mantan anggota DPRD Kab Madina ini

Untuk itu, ia meminta Kementerian ESDM menutup PT SMGP sampai evaluasi secara menyeluruh selesai dilakukan. Termasuk kesiapan perusahaan panas bumi tersebut memenuhi seluruh rekomendasi (12 poin) hasil investigasi Kementerian ESDM.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi