Hak Cipta @Redaksi

Alat Kontrasepsi KB Gratis di Puskesmas dan Rumah Sakit

Kotanopan.StArtNews- Alat kontrasepsi Keluarga Berencana ( KB) gratis di semua Rumah Sakit dan Puskesmas. Sebab, Pemerintah sudah menyiapkan alat-alat itu di tempat tersebut. Bagi warga yang akan melakukan pemasangan kontrasepsi ini dihimbau agar mendatangi Puskesmas dan Rumah Sakit didaerahnya.

Hal itu disampaikan Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara melalui Kabid KBKK, Sofyan Rangkuti, SE.,M.Ap di hadapan ratusan warga Singengu Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal dalam acara Sosialissai Program Kegiatan Kreatif Bersama Mitra Kerja (KKBPK), Rabu malam (8/11).

Hadir dalam acara tersebut anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Drs. H. Marwan Dasopang,  perwakilan BKKBN Kab. Mandailing Natal, Ketua DPC PKB Kab. Madina Khoiruddin Faslah Siregar dan pengurus PKB lainnya, Camat Kotanopan Kholilullah. S.Sos, Kepala Desa, tokoh masyarakat, kaum ibu dan peserta sosialisai.

Dikatakan Sofyan,  saat ini ada 7 macam alat kontrasepsi yang bisa didapati di Rumah Sakit dan Puskesmas. Mulai dari kondom,  suntik,  pil,  ayudi,  implant, kontrasepsi mantap, vasektomi dan lainnya.  Semua alat kontrasepsi ini, begitu juga dengan pemasangannya gratis.

Jadi Pemerintah sudah  menyiapkan alat kontrasepsi ini. Untuk itu, Pemerintah melalui BKKBN menghimbau semua masyarakat utamanya usia pasangan subur agar ikut program  KB.

Ditambahkannya, KB yang dihimbau Pemerintah bukan saja masalah kontrasepsi, tapi juga bagaimana menata masa depan keluarga yang lebih baik. Kalau jumlah penduduk terlalu banyak, akan menyebabkan banyaknya pegangguran, pendidikan terabaikan dan ekonomi morad marid dan penduduk tidak stabil. Untuk itu, melalui BKKBN menghimbau semua warga yang usia pasangannya  masih subur, agar segera ikut program KB.

Sedangkan anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Drs. H.  Marwan Dasopang, dalam arahannya menyampikan, dirinya turun ke bawah menjumpai konstituen untuk memastikan apakah KB itu berjalan dengan baik. Begitu juga alat kotrasepsi apakah tersedia di Rumah Sakit atau di Puskesmas dengan gratis.

Dikatakannya, dari sekian banyak daerah yang sudah di datangi, ada beberapa kendala tentang pelayanan KB yang dijumpai di lapangan. Namun kendala kendala ini masih bisa dimaafkan dan ditolerir. Jadi temuan temuan di lapangan ini nanti akan kita bawa dalam rapat-rapat dengan instansi terkait untuk mencarikan solusinya.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...