Atika Sampaikan RPJMD Tahun 2021-2026, Ketua DPRD Madina: Kita Awasi Pelaksanaannya

Atika Sampaikan RPJMD Tahun 2021-2026, Ketua DPRD Madina: Kita Awasi Pelaksanaannya

Panyabungan, StartNews – Ketua DPRD Mandailing Natal (Madina) Erwin Efendi Lubis mengatakan lembaga legislatif yang dipimpinnya akan mengawal dan mengawasi pelaksanaan program-program yang disusun dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Madina tahun 2021-2026.

Erwin menyampaikan hal itu untuk menaggapi rancangan awal RPJMD Kabupaten Madina tahun 2021-2026 yang disampaikan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution pada acara forum konsultasi publik yang dihelat di Aula Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, Kamis (23/9/2021).

“Kita akan awasi pelaksanaannya (RPJMD). Pengawasan yang dilakukan DPRD tentuya sesuai dengan kewenangan yang diamanatkan oleh undang-undang,” kata Erwin, yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Madina, Jumat (24/9/2021).

Erwin menjelaskan, RPJMD Kabupaten Madina tahun 2021-2026 yang disampaikan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi tersebut masih sebatas rancangan awal yang dikonsultasikan dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mendapatkan masukan dan saran-saran.

Yang pasti, menurut Erwin, program-proharus gram yang dimasukkan dalam RPJMD tersebut harus mencerminkan visi-misi pemerintahan Sukhairi-Atika seperti dikampanyekan pada masa Pilkada Madina yang lalu.

“Mudah-mudahan apapun program yang dimasukkan dalam RPJMD itu mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan. Sehingga, program-program pembangunan yang dicanangkan dalam RPJMD itu nanti dapat terlaksana dengan lancar,” tutur Erwin.

Sebelumnya, Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution menyampaikan rancangan awal RPJMD Kabupaten Madina tahun 2021-2026 pada acara forum konsultasi publik di Aula Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan, Kamis (23/9/2021).

Penyusunan dokumen rancangan awal RPJMD Kabupaten Madina tahun 2021-2026 merupakan salah satu proses tahapan perencanaan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Dalam forum konsultasi publik tersebut, Atika meminta para pemangku kepentingan untuk sama-sama mencurahkan ide, gagasan, dan masukan yang konstruktif guna perumusan dan penyusunan RPJMD Kabupaten Madina lima tahun kedepan.

“Marilah kita menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi Kabupaten Madina, yaitu akselerasi pembangunan menuju Mandailing Natal yang mandiri, kompetitif, berkeadilan, dan bermartabat,” tutur Atika.

Atika menyebutkan visi-misi tersebut masih bersifat makro, sehingga harus dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan sasaran, strategi kebijakan hingga program prioritas.

“Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah. Tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini ini, yaitu konsultasi publik rancangan awal RPMJ,” ujarnya.

Forum konsultasi publik tersebut bertujuan menjaring aspirasi seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal. Untuk itu, Atika meminta seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang hadir pada forum konsultasi publik itu memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif.

Reporter: Saparuddin Siregar

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...