Awaluddin Ungkap Inisiator Pansus Tragedi Gas Maut PT SMGP

Panyabungan, StArtNews-Awaluddin Nasution, Anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengungkap naman-nama inisiator pembentukan Pansus Tragedi Gas Maut di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi yang terjadi pada 25 Januari 2021 lalu, dalam rapat sidang paripurna di gedung DPRD Madina, Selasa (24/2).

Ia menyampaikan, sebagai landasan pemikiran pembentukan pansus terkait peristiwa malapateka yang merenggut lima orang korban jiwa dan puluhan lainnya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Panyabungan untuk mendapatkan perawatan insentif adalah tidak adanya penguraian masalah secara mendalam.

Maka, kata Awal, tidak terpenuhinya rasa keadilan masyarakat secara utuh dalam tragedi semburan gas zat H2S yang menyisakan luka mendalam itu harus menjadi satu pertimbangan lain. Selain itu banyak ditemukan kejanggaln dan dugaan mal operasional serta pelanggaran Standart Operasional Prosedur (SOP) oleh pihak PT SMGP.

“Maka dari itu dipandang perlu untuk mendapatkan penjelasan yang utuh dan mendalam dari pihak-pihak terkait. Sehingga peristiwa itu dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi semua pihak, kemudian ruang keadilan dapat dibuka secara transparan dan menempatkan supermasi hukum di dalamnya,” kata Awal saat penyampaian pandangan umum dalam rapat paripuna itu.

Lebih lanjut awal mengatakan, agar lembaga penyampaian aspirasi rakyat ini dapat mengambil langkah taktis dan politis yang sudah diatur dalam peraturan tata tertib (Tatib) DPRD.

“Berharap agar pimpinan DPRD Madina supaya memfalitasi lembaga membentuk Pansus Panas Bumi Sibanggor dan DPRD tetap konsisten sebagai penyambung lidah masyrakat yang konstitusional,” ujar Awal.

Berikut daftar nama inisiator pembentukan Pansus PT SMGP:

  1. Ahmad Budiman (Fraksi PKS)
  2. Zulfahri Batubara (Persatuan Madina)
  3. Edi Anwar Nasution (PKB)
  4. Miftahul Falah fraksi (PKB)
  5. Ahmad Taupik Siregar (PKB)
  6. Melati Nur (PKB)
  7. Awaluddin Nasution (PKS)
  8. Amdani (PKS)
  9. Khoirun Nasution (Persatuan Madina)
  10. Muharuddin (Amanah Berkarya)
  11. Maraganti (Hanura)
  12. Safaruddin Ansari (Amanah Berkarya)

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi