Berlatar Sejarah, Trailer Film Kadet 1947 Hadirkan Ketegangan dan Aksi Heroik

Jakarta, StArt FM – Film Kadet 1947 telah merilis trailer resminya pada Sabtu, 8 Oktober 2021. Film drama heroik berlatar belakang sejarah ini merupakan karya sutradara Rahabi Mandra dan Aldo Swastia dan produser Celerina Judisari dan Tesadesrada Ryza.

Trailer berdurasi 2 menit 22 detik tersebut semakin menyingkap plot cerita. Pada 20 detik pertama, Kadet Adji (Marthino Lio) melontarkan dialog yang cukup menohok kepada Kadet Har (Omara Esteghlal) sambil mencangkul. “Apa tidak menangis orang tua kita? Mereka pasti mengira kita sedang menerbangkan pesawat!” kata Kadet Adji. Seolah memperlihatkan ironi, ketika cita-cita mulia mereka menjadi penerbang tidak semudah itu dapat terwujud.

“Di trailer ini penonton bisa mulai merasakan keseruan hubungan antar karakter. Mulai kelihatan bagaimana mereka berinteraksi, motivasinya, dan siapa yang berpotensi konflik di sini. Terselip pesan-pesan para pahlawan nasional yang membakar semangat anak muda saat itu, dan masih relevan dengan realita sekarang,” kata Sutradara sekaligus penulis naskah Kadet 1947 Rahabi Mandra dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Senin, 11 Oktober 2021.

Film yang diproduksi oleh Temata Studios dan didukung oleh Legacy Pictures dan Screenplay Films ini menggunakan setting waktu tahun 1947, dua tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Perjuangan bangsa ini belum usai, karena pada tahun itu tentara Sekutu (Belanda dan Inggris) kembali datang ke Indonesia. Di saat yang sama, ada sekelompok kadet (pelajar) yang sedang menempuh pendidikan di Maguwo, sekolah penerbangan milik TNI Angkatan Udara.

Menuju pertengahan trailer, tampak komodor udara Adisutjipto (Andri Mashadi) mengumumkan situasi perang telah dimulai. Selanjutnya penonton akan digiring ketegangan demi ketegangan, saat letupan-letupan serangan mulai muncul, dan para kadet mulai beraksi di balik kokpit pesawat.

Kemudian beranjak ke penghujung trailer, ada adegan Sigit (Bisma Karisma) dan Asih (Givina Lukita) yang berpelukan dengan dramatis di tengah puing bangunan, menunjukkan sisi lain di balik medan perang, yaitu kisah cinta. Serta, ada cuplikan original soundtrack Bakti yang diciptakan oleh Melly Goeslaw dan dinyanyikan oleh Anneth Delliecia, tampil secara sinematik.

“Kami memilih tanggal 25 November sebagai timing yang pas melihat animo dan kesiapan masyarakat untuk kembali ke bioskop. Selain itu, bulan November juga ada Hari Pahlawan, semakin pas momentumnya bagi film heroik yang kami kemas secara pop seperti Kadet 1947 untuk hadir di tengah masyarakat,” kata Produser Kadet 1947 Celerina Judisari.

Film Kadet 1947 terinspirasi dari peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda yang menduduki wilayah-wilayah di Indonesia pada saat Agresi Militer Belanda I tahun 1947. Aksi ini dilakukan oleh para kadet (calon siswa TNI Angkatan Udara) yang memiliki semangat untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia saat itu.

Sumber : Tempo.co

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi