BKSDA Musnahkan Jasad Harimau yang Tewas di Mandailing Natal

Panyabungan, StArtNews- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan penyidik Kepolisian memusnahkan  jasad Harimau Sumatera yang tewas di tangan warga di Desa Bangkelang, Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dengan cara membakar kemudian sisa tulang belulang ditanam.

Pembakaran jasad harimau yang diperkirakan berusia sekitar satu setegah tahun itu dilakukan di halaman Polres Mandailing Natal. Seperti diketahui bahwa Harimau Sumatera ini tewas ditombak warga desa Bangkelang saat berada di kolong rumah warga pada Minggu pagi 04/03.

Kepala Seksi Konser Wilayah 6 Kotapinang BKSDA Sumatera Utara, Darmawan menyatakan pemusnahan ini dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit (Virus) yang mungkin ada di tubuh harimau tersebut kerena tergolong benda cepat membusuk dan benda yang tidak boleh diperjual belikan dari pihak manapun.

Darmawan juga mengaku jasad Harimau tidak semua dimusahkan namun,sebagian organ tubuh dibawa ke Laboratorium untuk diteliti lebih lanjut atas kematian hewan satwa tersebut. Sebelum dimusnahkan dengan cara dibakar,sempat juga dilakukan dengan cara  nekropsi (bedah organ) pada harimau berjenis kelamin jantan itu,tuturnya.

Kematian satwa langka Harimau Sumatera yang ditombak oleh warga desa Bangkelang, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal pada Minggu 04/03 lewat sampai hari ini masih menjadi perbincangan hangat, bahkan sejumlah media Nasional dan International menjadikan berita ini jadi topik hangat seperti media News.SKY.Com yang berpusat di Inggris membuat judul “Sumatera Tiger Killed and Hung After Indonesia Villagers Feared Is Was’Shapeshifter’. Selain media Inggris National Geografik Indonesia juga membuat berita kematian Harimau Sumatera ini di laman websitenya.

Seperti diberitakana sebelumnya bahwa Harimau Sumatera sebelum tewas ditombak oleh warga desa Bangkelang, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara  tersebut sempat menimbulkan konflik dengan warga Hatupangan yang berada di Kecamatan Batang Natal. Akibat konflik tersebut 1 orang korban yang dicakar oleh Harimau atas nama Harkat 50 th warga desa Hatupangan.

Reporter : Tim Redaksi StArtNews

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi