Hak Cipta @Redaksi

Bulog: Stok Beras Aman hingga Juni

START NEWS –Stok beras untuk wilayah Tabagsel hingga tiga bulan ke depan alias sampai bulan Juni mendatang dipastikan aman. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bulog Sub Divre Wilayah IV Padangsidimpuan.

Ali Akbar Siregar mengatakan bahwa untuk stok beras yang ada di gudang Bulog, diperkirakan selama tiga bulan ke depan untuk wilayah Tabagsel tersedia dan aman.4Namun, ia tidak dapat merincikan berapa jumlah stok yang ada tersebut, dengan alasan takut akan diketahui oleh para spekulan beras. Dan, ujung-ujungnya digunakan sebagai ‘permainan’ atau spekulasi harga beras di pasaran.“Mohon maaf kita tidak bisa sebutkan berapa jumlah stok yang ada, tapi kalau mau lihat ke gudang, silahkan. Yang pasti stok aman dan tersedia,” ungkapnya ramah dan menerangkan ada stok beras lagi yang akan datang.

Untuk wilayah Tabagsel, kebutuhan beras mencapai 15 ribu ton per tahun. Setiap bulannya, jumlah beras yang dibutuhkan rata-rata sekitar 1.500 ton. “Kalau untuk kebutuhan beras, rata-rata per tahun mencapai 15 ribu ton,” sebut Ali. Diakuinya, untuk pasokan beras yang ada saat ini, kebanyakan didatangkan dari daerah Jawa dan Sulawesi. Sebab, untuk beras lokal seperti yang ada di wilayah Tabagsel sekitarnya masih sulit didapat karena masalah harga yang tidak sesuai.

Ali menambahkan bahwa Kalau kita maunya dari lokal, ngapain kita datangkan dari luar wilayah kalau di sini bisa. Tapi masalahnya, harga yang ada tidak sesuai dengan harga yang sudah ditentukan.

Ali akbar mengaku untuk harga beras yang bisa mereka beli yaitu Rp7.300 per kilogram. Begitu juga dengan harga gabah, pihaknya hanya mampu membeli dengan harga Rp3.600 per kilogram. Namun kenyataan di lapangan, harga yang ditawarkan sebesar Rp4.600 per kilogram.

Sumber : Metro Tabagsel

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...