Bupati Pimpin Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana

Foto: Bupati Pimpin Apel Siaga Bencana

Panyabungan, StArtNews-Menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri nomor: 360/131/SJ tanggal 7 Januari 2020 tentang Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana, Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution pimpin apel kesiapan Satgas penanggulangan bencana alam di halaman Mapolres Madina, Kamis (9/01).

Bupati mengatakan, Kabupaten Mandailing Natal adalah daerah yang rawan beragam potensi ancaman bencana mulai dari potensi banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung Sorik Marapi, tsunami, angin puting beliung serta potensi kebakaran lahan dan hutan. Maka dari itu Bupati meminta kepada semua pihak agar mengambil langkah seperti membentuk posko kesiapsiagaan bencana pada masing-masing OPS, instansi dan lembaga terkait.

“Kepada semua instansi terkait diminta untuk melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG serta menyiagakan personel serta menyiapkan sarana dan prasarana dan peralatan masing-masing,” katanya.

Ditambahkan Bupati, untuk penanggulangan bencana alam, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal harus siap melaksanakan upaya penanggulangan semaksimal mungkin ketika terjadinya bencana, seperti posko kesehatan, dapur umum yang beroperasi selama 24 jam.

Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan, acara kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana alam oleh PMI, BPBD dan Pertamina.

Dalam simulasi itu PMI Mandailing Natal memperagakan pemberian pertolongan pertama terhadap korban bencana alam yang masih hidup. Adapun BNPB memperagakan simulasi evakuasi pohon tumbang dan Pertamina melakukan simulasi penggunaan tabung gas yang baik.

Selain ketiga instansi itu, simulasi ini juga menghadirkan kendaraan dinas dan alat berat serta perahu karet sebagai tanda kesiapsiagaan TNI-POLRI dan instansi dalam menghadapi kejadian bencana alam di Madina.

 

Reporter: Z Ray/Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi