Hak Cipta @Redaksi

Calon Jemaah Haji Panyabungan Tes Kebugaran Jasmani

Panyabungan, StArtNewsCalon Jemaah Haji (CJH) Kecamatan Panyabungan sebanyak 154 orang mengikuti tes kebugaran bertempat di Komplek Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan.

Tes kebugaran jasmani dengan tes rockport ini digelar Puskesmas Panyabungan Jae bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kab.  Mandailing Natal, dan juga dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi  Sumatera Utara, kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Ikhwan Siddiqi, S,Ag, MA, Jumat (23/2) di Panyabungan.

Pelaksanaan tes kebugaran ini diawali pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi, tinggi badan (TB), berat badan (BB), yang diperiksa oleh Tim Kesehatan Puskesmas Panyabungan Jae yang dipimpin oleh dr. Yulida Nehri Lubis, selaku Kepala Puskesmas.

Setelah itu para CJH diberi nomor tanda peserta untuk melakukan pemanasan, yang bertujuan untuk menyiapkan otot-otot tubuh agar tidak terkejut atau terjadi cedera karena aktivitas fisik yang berat dan mendadak. Pemanasan tersebut dilakukan secara bersama-sama sebanyak 8 orang CJH yang dipandu oleh petugas dari Puskesmas Panyabungan Jae.

Dilanjutkan dengan melakukan peregangan otot-otot dari leher, bahu, lengan, kaki, secara bergantian dalam hitungan 2 x 8, dan tes kebugaran ini dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 1,6 kilometer (11 kali putaran), dan terakhir pemeriksaan & konsultasi dokter.

Dr. Dewi Ambarwati dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa tes kebugaran ini bertujuan untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Tes ini juga berguna untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot.

Menurutnya dengan pelaksanaan tes kebugaran ini, kami dapat melihat kebugaran serta kesehatan para calon jamaah haji, sehingga para calon haji dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembalinya di kampung halaman nantinya,” papar Dokter Dewi Ambarwati yang pernah menjadi Dokter Kloter TKHI tahun 2015 ini.

Dewi juga menambahkan bahwa dari hasil analisis tes kebugaran jasmani yang digelar, pada umumnya jamaah haji dapat dinyatakan baik. Sebahagian ada yang cukup, dan ada beberapa orang yang kurang, dan CJH yang dinyatakan kurang disarankan untuk lebih giat lagi dalam kegiatan fisiknya, seperti memperbanyak jalan kaki, senam dan berolah raga ringan secara teratur dan berkesinambungan.

Dokter Dewi Ambarwati juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerjasama Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten dalam menghadirkan CJH untuk mengikuti tes kebugaran ini. Mudah-mudahan koordinasi dan kerjasama ini akan terus berlanjut dan lebih baik lagi, dalam upaya melayani  dan membantu para jamaah dalam meraih haji dan hajjah mabrur.

Nailan Ni’mah Lubis, S.Ag, salah seorang CJH yang akan berangkat tahun ini bersama suaminya Zulpan, S.Ag., MH menyampaikan sungguh sangat penting dan besarnya manfaat dari tes kebugaran ini dilakukan dalam rangka persiapan keberangkatan.

Kegiatan tes kebugaran jasmani CJH Kecamatan Panyabungan ini dimulai pada pukul 07.30WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB, dan juga dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Panyabungan H. Sutan Hasibuan, S.Ag., MH, yang terus setia mendampingi dan memantau pelaksanaan kegiatan sampai berakhir.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...