Hak Cipta @Redaksi

Dahlan Ajak Penambang Liar Jadi Peternak

Foto: Penambangan Liar

Mandailing Natal. StArtNews – Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution, mengajak warga penambang emas ilegal untuk beternak. Hal itu dia sampaikan setelah mengikuti peringatan ke-55 HKN di Taman Raja Batu.

Dahlan Hasan mengatakan, terkait penertiban pertambangan liar, nantinya pemerintah pusat berkenan memberikan izin di Mandailing Natal agar bisa dijadikan tambang rakyat yang mesin-mesinnya tidak ada kaitanya dengan kimia sehingga alam bisa terjaga dan sebaliknya alam bisa jaga kita.

Bagi penambang emas liar yang mau mengalihkan pekerjaannya, Dahlan mengajak untuk beternak baik ikan ataupun ternak lainnya. Mengenai pendanaan, Dahlan mengaku akan mencari dana ke Pemerintah Pusat.

Dahlam melihat masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya untuk mecari kebutuhan keluarga maupun biaya sekolah anak-anak dari penambangan liar ini sehingga untuk menertibkannya tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu dan sosialisasi pada warga agar sadar akan dampak yang ditimbulkannya.

“Tambang sudah menjadi salah satu mata pencaharian warga. Pemerintah dalam hal ini tentu harus punya regulasi yang tepat sehingga para penambang bisa mengalihkan mata pencahariannya,” papar Dahlan.

Dahlan berharap semua warga kerja sama dengan Pemerintah agar hal ini terwujud sehingga dampak dari penambangan liar ini dapat diminimalisir.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...