Debat Kandidat Pilkada Madina Dilaksanakan di Tapanuli Tengah

Panyabungan, StArtNews-Komisi Pemilihan Umum Mandailing Natal (KPU Madina) akan menggelar debat kandidat Pilkada Madina pada 13 November 2020 di Convention Hall Pia Hotel, Pandan, Tapanuli Tengah.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Madina, Fadhillah Syarief pada Rapat Koordinasi Persiapan Debat Publik atau Debat Terbuka Serta Iklan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020 di Aula KPU Madina, Kayu Jati, Panyabungan, Selasa (27/10).

Fadhillah Syarief dalam sambutannya menyampaikan debat dilaksankan di Tapanuli Tengah dan disiarkan secara langsung oleh Efarina TV. Sementara terkain iklan kampanye paslon di media cetak, elektronik dan radio akan dimulai pada 22 Nopember sampai dengan 5 Desember 2020. Untuk iklan yang ditampilkan atau ditayangkan hanya iklan yang diserahkan KPU ke media.

Sementara itu Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M. Husein Lubis mengatakan debat ini merupakan satu tahapan penting dan setiap paslon diwajibkan hadir. Calon yang tidak hadir tanpa alasan yang bisa diterima akan disanksi dengan peniadaan iklan kampanye di media.

Husein menambahkan terkait kampanye yang sedang berlangsung, KPU RI melalui surat Nomor 936 tahun 2020 meminta pasangan calon mengutamakan kampanye via media sosial atau media daring untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal ini, LO dari pasangan calon nomor urut 1 dan 3 terkesan kurang setuju karena kondisi dan situasi di Madina yang masih banyak ditemua daerah yang tidak terjangkau internet. Selain itu masyarakat yang tidak memiliki ponsel yang bisa mengakses internet juga masih banyak.

Bahkan, LO paslon Sofwat-Beir menyampaikan kampanye daring justru merugikan nomor urut 3 karena belum begitu dikenal masyarakat. Sementara paslon 1 dan 2 cenderung lebih dikenal karena petahana.

Sementara itu LO maupun tim kampanye dari paslon nomor urut 2 tidak terlihat hadir dalam rapat tersebut.

Rapat koordinasi ini dihadiri Ketua KPU dan Komisioner KPU lainnya, Bawaslu Madina, Kapolres Madina melalui Wakapolres, Dan Ramil 13 Panyabungan, Ketua PWI Madina dan perwakilan dari 3 radio di Madina serta tim Efarina TV.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi