Desa Pastap Gelar Musdes RKP Tahun 2021

Tambangan, StartNews-Pemerintahan Desa Pastap, Kecamatan Tambangan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2021. Acara berlangsung di aula Sekolah Dasar setempat pada Selasa (29/9).

RKPDes tersebut juga turut dihadiri Kepala Desa Pastap, Muhammad Raja Lubis; Camat Tambangan, Yanial Siregar; Kasipem Camat Tambangan, Muslih Lubis; BPD; unsur Polri dan TNI serta tokoh masyarakat setempat.

Pada acara Musdes itu, warga diharuskan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kades Pastap Muhammad Raja Lubis, mengatakan Musdes penyampaian RKPDes untuk tahun 2021 ini menampung aspirasi masyarakat untuk disusun sebagai kerangka acuan dalam penyusunan program dan kegiatan tahun 2021.

“Semoga usul pembangunan yang disamapaikan masyarakat bisa terealisasi pada tahun 2021 nanti,” ujar Raja pada awak media usai acara.

Pada acara Musdes tersebut, Raja juga memaparkan kegiatan fisik dan non fisik yang telah teralisasi tahun 2020 maupun kegiatan yang berubah akibat dari pendemi wabah Covid-19.

Raja menjelaskan pokok pikiran yang disampaikan masyarakat, serta aspirasi masyarakat akan dimuat dalam RKP Desa dan dilanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

Sementara Muslih Lubis, mengatakan Musdes ini bertujuan untuk mewujudkan tercapainya pembangunan pada tahun 2021 nanti seperti yang diusulkan oleh masyarakat dan ditetapkan dalam RPJM Desa.

“RKPDes ini menampung aspirasi masyarakat, sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan Desa dan menuntun ke arah tujuan pencapaian visi dan misi Desa,” katanya.

Muslih berharap Musdes ini bisa menjadi instrumen penilaian kinerja dan mengukur efektivitas pelaksanaan tugas para perangkat desa.

“Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, semoga bisa terealisasi pada tahun 2021,” harap Muslih.

Untuk diketahui, adapun usulan prioritas pembangunan tahun 2021, rehab rambin Saba Bara, lanjutan jalan usaha tani di Saba Batu Tungggal, Muara Opong, Saba Lombang, dan TPU.

Selanjutnya, pembuatan parit lingkungan desa, pembuatan jalur irigasi di Saba Muara Opong, pembuatan jembatan gantung di Saba Batu tunggal dan pengembangan wisata Gua Pastap.

Selain itu pada peberdayaan masyarakat berupa pengadaan alat kerajinan tangan pembentukan rotan, pelatihan pembuatan sabun cuci dan pembentukan dan penetapan modal BumDes.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi