Di Tengah Vaksinasi Tahap Dua di Madina, Cakupan Tahap Pertama Sudah Capai 98%

Foto: Kepala Seksi Suplemen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Madina, Maslanwannahari.

Panyabungan, StArtNews-Di tengah berlangsungnya vaksinasi tahap kedua di Mandailing Natal, cakupan vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan (nakes) dan pejabat publik sudah mencapai 98%.

Vaksinasi tahap pertama sedianya dimulai pada tanggal 09 Pebruari 2021 yang pencanangannya dilaksanakan di Bagas Godang Madina, Panyabungan.

Maslanwannahari, Kepala Seksi Suplemen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Madina kepada StArtNews, Selasa (6/4) mengatakan, pelaksanaan tahap pertama vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar.

Target vaksinasi sebanyak 1966 nakes di Madina. Sementara yang menerima pesan singkat (sms) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejumlah 1948 Nakes. Selebihnya, vaksinasi nakes dilaksakan secara manual tanpa berpatokan pada sms yang diterima.

“Vaksinasi covid-19 untuk versi manual itu dimaksud adalah Nakes yang yang datang langsung ke tempat pelayanan Vaksinasi meski dia belum mendapat sms dari kementerian kesehatan RI dan tahap pertama ini sudah selesai dilaksanakan. Jadi, semua yang berlangsung dan sudah selesai mencapai 98,9%,” katanya ketika dihubungi di ruang kerjanya.

Sementara vaksinasi Covid-19 tahap kedua dimulai sejak 09 Maret 2021 dan sedang berlangsung. Vaksinasi tahap kedua diperuntukkan bagi petugas pelayanan publik sebanyak 25.275 dan lanjut usia (lansia) sebanyak 31.230 jiwa.

Vaksin tahap kedua juga diperuntukkan kepada gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 sebanyak 50.800 vial multidos dari Pemerintah Provisnsi Sumutera Utara (Sumut) pada 22 Maret 2021.

Vaksinasi yang sudah dan masih berlangsung saat ini menyasar kejaksaan, guru-guru sekolah, TNBG Madina, Dinas Kominfo dan Dinas Kependudukan Pencatatan Pegawai Spil (Diskucapil). Vaksin ini juga akan diberikan kepada TNI/Polri.

“Jadi cakupan vaksinasi tahap dua ini untuk petugas pejabat publik 7,3 per hari ini. Dan ditargetkan selesai pada bulan April sampai bulan Mei. Kerena sesusi arahan Kementerian Kesehatan, di bulan Juli ini vaksinasi tahap 3 akan dimulai. Dinas kesehatan Madina juga menunggugu arahan dari provisni jika ada tambahan vaksinasi tahap dua,” ujarnya.

Ia berharap seluruh elemen masyarakat bersama-sama menysukseskan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Dan kita (Dinas Kesehatan Madina-red) juga harapkan adanya komunitas vaksin Covid-19 terbentuk di Mandailing Natal ini,” imbuhnya.

Reporter: Hasmar Lubis
Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi