DPC PTI Madina Lakukan Sosialisasi Tani on Farm di Desa Huraba

Siabu, StArtNews-Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Tani Indonesia (DPC- PTI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengunjungi Desa Huraba, Kecamatan Siabu untuk sosialisasi program “On Farm Tani Mandiri”, Sabtu (13/2).

Selain itu turut hadir Dewan Pimpinan Daerah PTI Sumatra Utara, Fadly Abdina dan aparat pemerintahan Desa Huraba yang diikuti oleh para petani di desa itu.

Ketua DPC PTI Madina, Ahmad Risky Pane menyampaikan, program On Farm Tani Mandiri ini merupakan kerjasama dari HKTI Sumut, PTI Sumut, BNI Sumut dan BULOG Sumut sebagai wujud komitmen HKTI menjaga integrasi pertanian di daerah Kabupaten Madina.

Pane juga mengatakan, sesuai dengan keterangan Ketua HKTI Sumut, Gus Irawan Pasaribu yang didampingi Sekjen HKTI Sumut, Muhammad Syah, dan Ketua DPD PTI SUMUT, Fadly Abdina di Kabupaten Tapanuli Selatan beberapa waktu lalu bahwa Program On Farm Petani Mandiri ini merupakan program integrasi agribisnis dari hulu hingga hilir yang dimulai dari memfasilitasi input produksi.

“Mulai dari penyuluhan kemudian akses pasar dan dukungan permodalan serta dukungan jaminan kerugian, akan diasuransikan lewat Jasindo,” kata Pane.

Kegiatan sosialisasi ini juga, kata Pane tidak hanya akan dilakukan di Desa Huraba. Namun, program On Farm Tani Mandir ini  segera dilakukan ke sekuruh desa yang beraada di Mandailing Natal.

“Kita berharap program ini dapat berjalan baik dan akan kita kawal semaksimal mungkin di Madina karena ini untuk kesejahteraan petani, selain itu kita berharap anak-anak muda Milenial akan lebih termotivasi menjalankan usaha pertanian di Madina,” imbuh Pane.

Ketua DPD PTI Sumut Fadly Abdina menyampikan, bahwa HKTI yang dipimpin oleh Gus Irawan, siap berkomitmen untuk menjambatani segala persoalan yang dialami oleh para petani dan memberikan akses untuk mendapat modal bertani.

“Dari program On Farm Petani Mandiri, para petani diberikan akses kemudahan untuk mendapatkan permodalan usaha tani dengan imbal jasa yang rendah,” tutup Fadly.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi