DPRDSU: TNI/Polri Harus Hentikan Premanisme di Sumatra Utara

DPRDSU: TNI/Polri Harus Hentikan Premanisme di Sumatra Utara

Medan, StArtNews – Dewan Perwakilan Rakyat Sumatra Utara H.Fahrizal Efendi Nasution memberikan apresiasi kepada pimpinan TNI/Polri mengenai pemberantasan Pungli  khususnya di Sumatra Utara, Senin (14/6).

Dimana diketahui, pasca Presiden Jokowi menerima pengaduan dari sejumlah supir truk atas aksi pengutan liar di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Presiden memerintahkan Kapolri Jendral Listio Sigit Prabowo untuk membersihkan premanisme.

Kapolri Jendral Listio Sigit Prabowo bertindak cepat dengan mengintruksinan seluruh Kapolda dan Kapoles untuk menggelar aksi oprasi premanisme.

Politikus Partai Hanura itu mengatakan pimpinan TNI/Polri sebaiknya membersihkan institusai internal dari oknum-oknum yang gentayangan membantu aksi premanisme.

Fahrizal juga beralasan, praktik pungli terhadap sopir di Jakarta Utara itu juga terjadi pada beberapa wilayah di Sumatra Utara.

“jadi begini catatan dari saya, gerakan premanisme hanya bisa terkendali ketika oknum TNI/Polri tidak ada dibelakang kelompok preman ini. Termasuk organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) ataupun ormas apa saja”, ucap Fahrizal

“Jangan Terlibat dan mendukung aksi Premanisme”, tegasnya

Dikutip dari detik.com, hingga Senin (13/6) Polda Sumut telah mengamankan 75 preman dari sejumlah wilayah di Sumatra Utara. Preman yang paling banyak diamankan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Bagi anggota DPRD Sumatra Utara tersebut dengan alasan apapun gerakan premanisme patut diberhentikan agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan, meresahkan, mengintimidasi, meneror, memprovokasi, menganiaya, memeras hingga melakukan pungli atau menjarah warga secara brutal.

Ia pun meminta agar polisi bersikap transparan mewujudkan penegakan hukum. “Mungkin karna tidak ada kepastian hukum atas lahan eks HGU PTPN 2, semua pihak jadi merasa memilikinya. Kita prihatin warga diintimidasi kelompok preman” ujarnya

Ia menambahkan hal ini menjadi PR yang serius bagi Kapolrestabes Medan.

Reporter: Ika Rodhiah

 

Editor:Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi