Hak Cipta @Redaksi

Dugaan Jejak Harimau di Kotanopan Ternyata Binturong

Kotanopan, StArtNews-  Dugaan jejak Harimau yang meresahkan warga Gunung Tua Muara Soro Kecamatan Kotanopan mulai Kamis lalu ternyata hanya jejak binatang Binturong (Sejenis Musang Besar).

Kepastian itu didapat setelah Tim dari Taman Nasional Batang  Gadis (TNBG)  Kab. Mandailing Natal, Senin (5/3) turun langsung melihat jejak yang di duga Harimau di daerah kebun warga di Aek Sibatu Gunung Tua dan Muara Siambak. Turut juga turun beserta  TNBG Camat Kotanopan Kholilullah,  S. Sos,  mewakili Polsek Danramil 14 Kotanopan serta tokoh  masyarakat desa Gunung Tua Kotanopan.

Usai turun melihat lokasi yang diduga ada jejak Harimau, pihak TNBG yang diwakili Kepala Seksi Pengelolaan Batang Gadis (PTN) Mahnafruzal, dari Polisi Hutan masing-masing Haeruyadi dan Dedi Ariska memastikan itu bukan jejak Harimau. Agar masyarakat tidak was-was, pihak TNBG langsung memberikan penjelasan dan sosialisasi tentang Harimau dan ciri serta jejaknya.

“Dari ukuran jejak dan kotoran yang ada di situ,  itu bukan Harimau. Kalau Harimau jejaknya besar sedangkan ini  agak kecil.  Kemudian,  biasanya jejak Harimau antara kaki depan dan belakang berbeda. Kemudian kita juga sudah menanyakan langsung kepada warga yang mendengar suara binatang itu,  bukan seperti suara Harimau. Harimau biasanya tidak sering mengeluarkan suara,  ia mengeluarkan suara dalam hal-hal tertentu saja”, ujarnya.

Ditambahkannya, jadi warga tidak usah lagi takut melakukan aktivitas, Insya Allah  itu bukan Harimau, dari ciri-ciri jejaknya ia hanya sejenis Musang besar atau Bintorung. Kalau ada hal-hal yang ganjil atau temuan baru di lapangan, silakan langsung melaporkannya kepada kita. Kita dari TNBG langsung akan turun untuk mendampingi masyarakat serta memberikan pemahaman”, ujarnya.

Sedangkan Camat Kotanopan, Kholilullah, S.Sos, mengharapkan agar warga jangan lagi resah dan was-was terkait dengan dugaan adanya jejak Harimau di kebun milik warga. Tim dari TNBG sudah turun langsung dengan ditemani Muspika Kotanopan sudah turun ke lapangan,  alhamdulillah dari hasil amatan mereka itu bukan Harimau.  Untuk itu, warga diharapkan beraktivitas kembali. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan silakan hubungi kami dan TNBG” ucapnya.

Sedangkan Kepala Desa Gunungtua Muara Soro M. Arifin Lubis dalam kesempatan itu mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak TNBG dan Muspika Kotanopan yang telah turun langsung meninjau jejak dugaan Harimau di wilayah ini.  Kini terjawab sudah keresahan warga selama lima hari ini.  Dengan adanya kepastian ini maka warga akan tenang kembali melakukan aktivitas di kebunnya.

 

Sebagaimana diketahui, warga Gunung Tua, Padang Bulan Muara Soro, Muara Siambak dan Manambin  Kec. Kotanopan resah akibat dugaan adanya jejak Harimau di kebun warga di daerah Aek Sibatu.  Selama 3 hari terakhir, warga di wilayah ini tidak berani melakukan aktivitas ke tempat usahanya karena takut dengan Harimau.

Reporter :  Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...