Fantastis Hanya 1.5 Hari DPRD Madina Mampu Membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2017

Panyabungan, StArtNews- Barang kali untuk sebagian orang hal ini tidak masuk akal, namun untuk masyarakat Kabupaten Mandailing Natal (Kab. Madina) pertunjukan seperti ini sudah merupakan hal biasa. Pertunjukan yang sudah bertahun-tahun terjadi dan senantiasa sukses tanpa ada satu hal pun yang merintangi. Satu pertunjukan nan senantiasa dipertontonkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mandailing Natal yakni pertunjukan dalam setiap membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun dalam membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaannya senantiasa hanya memakan waktu yang cukup singkat yaitu hanya dua atau tiga hari saja. Malahan anggaran yang bakal dibahas itu cukup fantastik sekitar Rp 1.5 trilyunan.

Pertunjukan kali inipun dapat tergambar kalau dilihat sesuai jadwal yang telah dikeluarkan DPRD Madina hasil Keputusan DPRD Kab.Madina nomor :170/029/KPTS/DPRD/2018 tertanggal 6 September 2018 tentang Jadwal Rapat Paripurna Pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 dan ditandatangani Ketua DPRD Madina Matahari Batubara.

Pada jadwal tersebut dimulai dari Senin (10/9) pukul 10.00 WIB dibuka Pembicaraan Tingkat I diawali dengan Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Bupati tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD T.A 2017.Pukul 14.00 WIB ada tanggapan umum Fraksi babak pertama terhadap Nota Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2017. Sementara pada hari Rabu (12/9) dimulai pukul 10.00 WIB Paripurna seputar jawaban Bupati terhadap Pandangan umum Fraksi babak pertama.

Pukul 14.00 WIB masih hari Rabu (12/9) hingga Kamis (13/9) dimulai pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2017 dibahas antara pihak Badan Anggaran dan Pemerintah Daerah. Hanya dalam satu setengah (1.5) hari itulah waktu pihak anggota DPRD Madina dari bagian Badan Anggaran (Banggar) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2017 yang notabenenya anggaran itu lebih dari Rp.1.5 trilyun. Apa ini tidak fantastis namanya,hanya dalam satu setengah hari semuanya telah tuntas terbahas.

Sementara pada hari Jum’at (14/9) hingga Minggu (16/9) jadwal yang sudah tertera yakni Kunjungan Lapangan. Inipun kiranya perlu dipertanyakan apa benar bisa dikerjakan hanya dalam tiga (3) hari mampu menembus 23 Kecamatan yang notabenenya saling berjauhan satu sama lainnya. Kita bandingkan Kab. Madina kalau untuk Pilkada terbagi Lima (5) daerah pemilihan (Dapil). Lima daerah pemilihan ini kalau kita lalui satu dalam satu hari saja tidak dapat tertuntaskan, nah konon lagi anggota Dewan hanya dalam tiga hari 23 Kecamatan mampu terlindungi dalam Kunjungan Lapangan untuk membuktikan sebuah kebenaran dalam mempertanggungjawabkan pelaksanaan APBD TA 2017. Kalau anggota Dewan/DPRD Madina mampu dengan benar dan dapat bertindak secara jujur mampu menyelesaikan hanya dalam satu setengah hari dapat tertuntaskan dan dapat dipertanggungjawabkan hasil kinerjanya, bolehlah masyarakat Kab. Madina mengucapkan salut dan bisalah kita berbangga hati sebagai warga masyarakat Kab.Madina.

Reporter : R Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...