FBI: Penyerang di Las Vegas Tidak Terkait dengan ISIS

Biro Investigasi Federal (FBI) dengan tegas membantah klaim kelompok yang selalu menyeret agama dalam kegiatant terorismenya, yakni kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

FBI mengatakan, Stephen Craig Paddock (64), pelaku penembakan yang membunuh 58 orang dan melukai lebih dari 500 orang dalam serangan di sebuah konser di Mandalay Bay, Las Vegas, AS, tidak memiliki hubungan dengan kelompok teroris internasional.

Penjelasan itu sekaligus untuk mematahkan klaim sepihak ISIS bahwa Paddock adalah “tentara ISIS” dan “baru masuk Islam beberapa bulan lalu”.

Pengumuman FBI itu disampaikan salah satu pejabatnya, Aaron Rouse, pada sebuah konferensi pers Senin (3/10/2017), tak lama setelah ISIS mengklaim tanpa dasar atas serangan itu.

Klaim ISIS itu dinilai berlebihan atau pada masa lalu lebih banyak asal klaim. Namun, publik juga diharapkan memahami ISIS tidak untuk diikuti.

Pihak berwenang belum mengidentifikasi motif penembakan tersebut, namun Paddock bertindak seorang diri.

Sebelum ISIS mengajukan klaimnya lewat kantor berita propaganda mereka, Amaq, aparat kepolisian Las Vegas juga menegaskan, Paddock bertindak sendiri dan tidak ada kaitan dengan aksi terorisme.

Kelompok ISIS yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi terlalu sering mengklaim, dan pada umumnya klaim itu tidak berdasar dan tidak ada kaitannya.

Sumber : Kompas.com

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi