Gedung Baru 2 Lantai di UPTD Puskesmas Kotanopan Sudah Difungsikan

Kotanopan, StArtNews-Masyarakat Mandailing Julu, utamanya masyarakat Kotanopan boleh berbangga hati. Pasalnya, Gedung baru 2 (dua) lantai di UPTD Puskesmas Kotanopan, Kab. Mandailing Natal sudah difungsikan sejak sebulan lalu.

Gedung ini dibangun mulai tahun 2019 dan saat ini sudah difungsikan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas tersebut.

Gedung ini terlihat menawan dengan 2 lantai. Masing-masing lantai berjumlah 7 ruangan. Lantai pertama difungsikan untuk ruang informasi, ruang pendaftaran, rekam medis, ruang pelayanan administrasi, ruang pemeriksaan umum, ruang pemeriksaan anak dan MTBS, ruang Gizi dan KIE, ruang bermain anak, pemeriksaan gigi dan mulut serta lainnya.

Sedangkan lantai II (Dua) untuk sementara difungsikan sebagai kantor, ruang rapat, musala, adminitrasi, sekretariat UKM dan UKP, ruang Promkes, ruang sekretariat mutu, keuangan dan ruang Kepala Puskesmas.

Kepala UPTD Puskesmas Kotanopan, dr. Wuryandari, Kepada StArtNews, Kamis (21/1) mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakaih Kepada Pemkab Madina yang telah merealisasikan pembangunan penambahan ruangan di UPTD Puskesmas Kotanopan ini. Selama ini, gedung yang ada hanya satu, semua kegiatan terpaksa difokuskan di situ, mulai dari pelayanan, rawat inap dan partus, akibatnya pelayanan jadi kurang maksimal.

Dikatakannya, selama ini kalau ada pasien anak, terpaksa digabungkan dengan usia dewasa.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada gedung baru, jadi sudah pisah. Gedung baru ini kita pakai untuk poli, NKBS, ruangan anak, gigi, dan distabilitas, jadi semuanya sudah lengkap. Begitu juga dengan ruang perawatan antara laki-laki dan perempuan sudah dipisahkan. Kita juga ada ruang isolasi kalau ada pasien yang harus diisolasi”, ucap dr. Wuryandari.

Ia menambahkan Gedung lantai II planingnya untuk poli, rumah bersalin dan rawat inap. Tapi untuk rawat inap belum bisa difungsikan karena tangga ke lantai II untuk mendorong pasien belum ada, yang tersedia baru tangga biasa.

Ia yakin di masa mendatang pembangunan tangga untuk pasien akan direalisasikan sebab puskesmas ini dirancang menjadi RSUD.

“Namun saya yakin, ke depan tangga untuk membawa pasien ke lantai dua akan dibangun, sebab planning kedepan UPTD Puskesmas ini akan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah. Jadi untuk sementara lantai II kita buat  untuk kantor dan pelayanan administrasi UPTD Puskesmas. Tapi yang jelas, dengan siapnya gedung baru ini, kita sangat terbantu. Pasien tidak lagi bertumpuk-tumpuk, begitu juga dengan perawatannya”, ujar Kepala Puskesmas.

dr. Wuryandari juga mengajak masyarakat untuk memaksimalkan fasilitas yang ada. Pihaknya juga selaku pelayanan kesehatan akan terus memaksimalkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Moga ke depan, dokter-dokter spesialis bisa ditempatkan di Puskesmas ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan maasyarakat”, harapnya.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi