Gondang Sambilan Belum Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Gondang Sambilan Belum Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Jakarta.StArtNews-Gondang Sambilan yang merupakan  alat musik dan budaya kebanggan warga Mandailing ternyata belum di akui lembaga UNESCO sebagai warisan bidaya dunia.

Hal itu dikatakan pemilik Sanggar Group Seni Gondang Sambilan Dolok Martimbus Ir. Herman Rangkuti kepada  Wartawan di kantor Anjungan Sumatera Utara, TMII, Jakarta Timur, Minggu  (16/4).

Dikatakannya, untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO memang tidak mudah. Pihaknya sudah pernah mengurus persyaratan ini dan sudah pernah berkomunikasi dengan Kemendikbud dan mengikuti pameran nominasi warisan Budaya, namun sangat disayangkan  Gondang Sambilan  tidak lolos penilaian untuk dibawa ke UNESCO.

Menurutnya, penyebab tidak lolosnya Gondang Sambilan ini karena kurangnya sosialisasi di Indonesia,  termasuk di daerah asal Gondang Sambilan ini sendiri, yaitu di Mandailing Natal.  Saat itu, Tim mereka langsung turun ke Mandailing Natal, hasil yang mereka dapatkan kurangnya  perhatian dari semua pihak untuk Gordang Sambilan.

“Selain itu, UNESCO mensyaratkan kalau mau diakui warisan Budaya tak benda Dunia,  benda itu harus dipakai hidup dalam keseharian masyarakat,  seperti yang sudah diakui UNESCO, yaitu Batik dan Keris.

Ia menuturkan, “ Kita  sangat sayangkan kurangnya kepedulian masyarakat, terutama Pemkab Mandailing Natal (Madina) sendiri dan tokoh adat  dan masyarakat Madina terhadap keberadaan Gondang ini. Padahal di Anjungan Sumatera Utara TMII Jakarta,  Gondang Sambilanlah yang selalu kita tampilkan agar dapat diketahui masyarakat luas.   Bahkan, Gondang Sambilan pernah dibawa ke Istana Presiden dengan dihadiri sejumlah Duta Besar. Namun sepertinya itu tidak berarti karena tidak ada dukungan dari semua pihak,” katanya.

Ia menambahkan, “Ini tentunya merupakan tugas Pemerintah Derah dan tokoh adat, bagaimana caranya agar Gondang Sambilan dikembangkan serta ditampilkan pada masyarakat banyak.

“Mari kita secara bersama-sama dan benar- benar menghidupkan Gondang Sambilan untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO bahwa Gordang Sambilan adalah warisan Budaya Dunia.  Janganlah  kita mengklaim bahwa kita sudah mengembangkan Gordang Sambilan, ternyata tidak ada berbuat sama sekali,”  harapnya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...