Hama Babi Serang Tanaman Padi Masyarakat di Kecamatan Siabu

hama-babi-serang-tanaman-padi-masyarakat-di-kecamatan-siabu

Siabu.StArtNews-Masyarakat petani di Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) keluhkan mengganasnya serangan hama babi, karena akibat serangan hama babi tersebut mengakibatkan kerusakan tanaman padi. hal ini dikatakan sejumlah petani Kelurahan Siabu Pasar pada StArtNews Senin 12/ 12.

Abdul Rangkuti salah seorang petani mengaku, hama babi kali ini sangat ganas dan merusak sendi kehidupan masyarakat petani, karena jelas sawah adalah mata pencaharian masyarakat utama di Kelurahan tersebut. Kadang keluh Abdul Rangkuti, saat siang padi masih bagus, tiba-tiba paginya, saat petani kembali ke sawah, kondisi sawahnya sudah luluh lantak di rusak gerombolan hama babi. Bahkan, hama babi tak jarang petani temukan di pematang sawah saat siang hari, kondisi ini menambah takut masyarakat untuk ke sawah.

Akibat ganasnya hama babi tersebut, dikhawatirkan akan berdampak pada hasil panen, bahkan sebagian petani di Kelurahan Siabu memastikan sudah gagal panen akibat sawah yang sudah luluh lantak di rusak gerombolan hama babi.

Sementara Syukur yang juga petani di Wilayah Kelurahan Pasar Siabu mengatakan, merebaknya hama babi ini akibat lahan tidur yang biasa menjadi tempat hewan ini, tergenangi oleh banjir, sehingga  babi-babi tersebut keluar sarang dan areal persawahan masyarakat menjadi sasarannya. Sudah puluhan hektar sawah di Kelurahan pasar Siabu yang terkena dampak ganasnya hama babi tersebut.

Para petani berharap ada upaya efektif dari pemerintah Mandailing Natal dalam hal ini Dinas Pertanian dalam mengusir hama babi ini, karena ketika kondisi ini dibiarkan akan berdampak luas terutama pada kehidupan masyarakat petani dan bahkan tidak tertutup kemungkinan apabila dibiarkan, luas areal hektar persawahan warga yang rusak akan semakin bertambah.

Dari pantauan StArtNews, kondisi tanaman padi warga Kelurahan Pasar Siabu saat ini sudah keluar burir, artinya dalam sebulan ke depan, masa panen raya sudah di depan mata, namun hama babi yang mengganas membuat sebagian besar petani terpaksa mengelus dada karena kondisi sawahnya yang luluh lantak dirusak gerombolan hama babi.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi