Ini Peringatan PSTA-LAPAN Terkait Musim Hujan pada September 2021

Jakarta, StartNews – Tim Variabilitas Iklim dan Awal Musim (TVIAM) dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer di Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (PSTA-LAPAN) memprediksi wilayah Indonesia bagian utara (sekitar wilayah ekuator ke utara) kemungkinan besar sudah memasuki musim hujan pada September 2021.

Musim hujan ini berangsur-angsur menjalar dari wilayah barat daya Indonesia (Sumatera bagian selatan dan Jawa bagian barat) ke arah timur (Nusa Tenggara), hingga seluruh wilayah Indonesia masuk musim hujan sepenuhnya akan terjadi pada bulan Desember 2021.

Wilayah-wilayah yang perlu dipantau pada bulan September 2021 adalah Aceh, pantai barat Sumatera, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku bagian selatan (sekitar Ambon) dan daerah pegunungan Papua. Daerah-daerah tersebut mempunyai probabilitas sangat tinggi untuk mendapat curah hujan deras yang dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor.

Sedangkan untuk prediksi pulau Jawa dan Nusa Tenggara masih mengalami musim kemarau pada bulan September 2021.

Sebagai langkah antisipasi bencana kebakaran hutan, pemerintah diminta memantau wilayah Sumatera bagian timur dan Kalimantan Barat. Sebab, memiliki probabilitas tinggi untuk mengalami suhu tinggi di atas 32⁰C.

Angin kencang dan gelombang laut yang tinggi kemungkinan besar terjadi di perairan selatan Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Banda pada bulan September 2021 hingga Oktober 2021. Sedangkan Laut Jawa mempunyai kemungkinan yang tidak begitu tinggi (antara 40% dan 80%) untuk mengalami angin kencang dan gelombang laut tinggi pada bulan September 2021.

Analisis lengkap dapat dibaca di website PSTA-LAPAN http://psta.lapan.go.id.

Sumber: RRI

The post Ini Peringatan PSTA-LAPAN Terkait Musim Hujan pada September 2021 first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi