Hak Cipta @Redaksi

Jalan Pagur – Hapung Dibangun, Petani Kopi Arabika Bergairah 

Panyabungan, StArtNews – Masyarakat petani Kopi Arabika Mandailing Pagur desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing natal (Madina) bergairah dengan adanya pembukaan jalan Pagur – Hapung Kabupaten Padang Lawas.

Karena memudahkan transportasi menuju lokasi lahan perkebunan Kopi Arabika berada di atas bukit dengan ketinggian mencapai 1.000 – 1.500 Mdpl.

“akibat pembukaan jalan oleh TNI bersama pemerintah sehingga kendaraan bermotor lebih cepat sampai ke kebun. Tidak seperti kemarin perjalanan berjam-jam dengan kondisi jalan setapak, ” ujar Mahpus Budiawan Nasution seorang petani kopi kepada Reporter StArtNews, Jumat sore (26/1).

Dijelaskan perbedaan sebelum dibangun dengan sekarang bisa memotong biaya transportasi yang harus dikeluarkan petani. “Dulu kenderaan roda dua khusus yang dimodifikasi untuk jalan terjal dan mendaki sekitar 4 jam, sekarang kenderaan biasa ditempuh sekitar 2 jam, ” ujarnya.

Menurut Mahpus saat ini saja yang pembukaan jalan belum selesai apalagi kalau sudah selesai mereka pasti lebih bersemangat lagi. Sebab akan lebih meningkatkan perawatan terhadap tanaman kopi masyarakat luas mencapai ratusan hektar.

“Saya yakin jika jalan sudah lebar dan bagus, kita tidak perlu lagi menginap di kebun sudah bisa pergi pagi pulang sore. Dan tentu ekonomi masyarakat akan meningkat, ” harapnya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...