Jalur Madina – Palas Akan Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Jalur Madina – Palas Akan Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Panyabungan.StArtNews- Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal terus berupaya agar pembukaan jalan antara Kabupaten dapat direalisasikan. karena pembukaan jalan Madina – Padang Lawas (Palas) yang melintasi bukit Barisan tersebut dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Mandailing Natal melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Madina Abu Hanifah, kepada pada StArtNews di ruang kerjanya Jumat 21/07

Abu Hanifah dalam penjelasannya mengatakan, saat sekarang ini pembukaan jalan Madina menuju Kabupaten Palas tersebut tinggal beberapa langkah lagi akan bisa dilaksanakan. Sehingga dengan begitu nantinya jalan selesai dibuka maka waktu tempuh antara Madina dengan Kabupaten Palas akan terpotong banyak sekali.

“Kalau selama ini apabila kita hendak menuju Kabupaten Palas kita memerlukan waktu di perjalanan lebih kurang delapan jam, sehingga dengan terbukanya jalan yang direncanakan akan bisa ditempuh selama dua jam saja,” sebut Abu Hanifah.

Disampaikannya dengan terbukanya jalan Madina menuju Palas dengan melewati perbukitan bukit barisan nantinya maka hasil pertanian yang ada di Madina begitu juga dengan sebaliknya akan lebih mudah diangkut sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selama ini papar kepala Bapeda Mandailing  Natal setiap minggu banyak pedagang yang berangkat ke Kabupaten Palas untuk menjajakan hasil tani yang ada di Madina ini. Untuk itu apabila jalan selesai dibuka maka kost yang dikeluarkan oleh para pedagang akan lebih irit dibandingkan dengan melewati jalur yang ada sekarang ini.

Dengan memangkas kost pengeluaran para pedagang tersebut maka dengan sendirinya hasil tani dan perkebunan yang ada ini akan dapat lebih tinggi harganya. Sehingga dengan begitu akan mendongkrak inkam perkapita pendapatan masyarakat Madina maupun sebaliknya.

Abu Hanifah berharap dengan terbukanya jalur tersebut nantinya maka diharapkan akan dapat mendongkrak harga hasil tani dan perkebunan masyarakat kedua belah pihak, sehingga masyarakat dapat merasakan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada selama ini,” katanya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...