Kakanwil BPN Sumut Siap Programkan Pilot Project Kampung Reforma Agraria di Madina

Panyabungan, StArtNews-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) siap memprogramkan Pilot Project Kampung Reforma Agraria di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kampung reforma ini bertujuan untuk menunjang pengembangan kreativitas dan potensi serta penguatan perekonomian desa.

Demikian disampaikan Kakanwil BPN Sumut, Dr. H. Dadang Suhendi, SH, MH saat kunjungan kerja ke Madina, Kamis (13/8).

“Melihat semangat Bupati dalam mengembangkan potensi Madina di semua sektor, sudah selayaknya dibuat kampung reforma di Madina,” sebut Dadang.

Ia mengatakan kampung reforma dibuat untuk menyejahterakan masyarakat di desa sasaran.

Kampung Reforma Agraria merupakan program Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

“Kampung reforma agraria ini untuk mensejahterakan masyakat disitu,” ucapnya.

Dadang menerangkan kalau bisa dicari objek-objek kampung reforma untuk diberikan sertifikat dan bantuan modal dari bank. Sementara Bupati akan didaulat sebagai mentor atau pengajar bagi masyarakat.

Dadang mencontohkan apa yang dilakukan Bupati Madina dengan mengajari ibu-ibu dalam mengembangkan kuliner khas Madina seperti ketupat natal, rendang lokan dan selai durian perlu dikembangkan.

“Kuliner khas Madina ketupat natal, rendang lokan dan selai durian jika sudah buat merek mungkin akan bisa dipasarkan ke luar daerah Madina,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dadang mengungkapkan kegiatan penguatan ekonomi masyarakat yang sudah berjalan dengan baik bisa jadi contoh dan akan dibawa ke kementerian.

“Jika sudah ada penguatan ekenomi masyarakat melalui kampung reforma agraria, saya siap membawa Menteri ATR/BPN ke Madina,” ujarnya.

Kampung Reforma Agraria tidak hanya berkutat pada kuliner, tapi juga olahan lain yang bisa dikembangkan untuk menguatkan ekonomi masyarakat.

Di sela-sela kunjungannya di Madina, rombongan kakanwil BPN sumut juga disuguhi tarian etnik dari Pantai Barat Madina seperti Tarian Salapan dan Tari Barampe.

Sementara Bupati Madina merasa bersyukur atas program yang direncanakan BPN Sumut.

“Kita sangat yakin program kampung reforma agraria akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyrakat. Kita bersyukur karena program ini merupakan nikmat bagi masyarakat,” ucapnya.

 

Reporter: Saima Putra

Editor: Redaksi StArtNews

Ket Photo
Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution saat bersama Kakanwil BPN Sumut Dr.H.Dadang Suhendi SH,MH dan rombongan di Taman Raja Batu, kamis (13/8/2020).

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi