Kapoldasu Didesak Tetapkan Direktur PT SMGP Tersangka Kasus Gas Maut

Panyabungan, StArtNews-Proses hukum kasus gas maut PT SMGP yang menewaskan 5 warga Sibanggor Julu yang terkesan lambat membuat sejumlah elemen masyarakat angkat suara.

Salah satu yang turut bicara adalah Ketua Fokrat Madina, Aswardi Nasution. Ia mendesak aparat penegak hukum untuk segera merilis daftar tersangka tragedi gas maut yang terjadi pada 25 Januari 2021.

“Lebih satu bulan pasca tragedi maut H2S, namun kita melihat progress atau perkembangan kasus ini “jalan di tempat” dan sampai sekarang belum kunjung ada rilis daftar tersangka dari Poldasu,” katanya usai mengikuti diskusi lintas organisasi bertajuk “Membongkar Kejahatan Koorporasi PT SMGP” di Panyabungan, Senin (8/3).

Mantan Ketua SAPMA PP Madina ini juga mendesak Kapoldasu menyeret pimpinan PT SMGP, Yan Tan dan Risa Pasikki ke hadapan hukum untuk mempertanggungjawabkan kematian 5 warga Sibanggor Julu akibat kelalaian dan tindakan maloperasional perusahaan.

Ia khawatir lambannya pergerakan polisi justru menimbulkan persepsi yang buruk di mata masyarakat. Apalagi, 2 dari 52 korban yang harus melalui perawatan intensif di rumah sakit adalah personel kepolisian.

Bahkan Aswardi mengatakan, pihaknya bersama sejumlah elemen masyarakat Madina berencana akan demo di Mapoldasu bila penanganan kasus ini tidak menemui titik terang dalam penetapan tersangka.

Senada dengan itu, Ketua Umum DPP IMMAN, Hapsin Nasution menyatakan bahwa Poldasu harus profesional dalam penanganan kasus hukum PT SMGP sebagai bentuk implementasi dari  komitmen dan instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menjadikan institusi Polri prediktif, responsibilitas, transparan dan berkeadilan (Presisi) serta memberikan pelayanan terbaik (publik of service) kepada masyarakat.

Diskusi ini dihadiri oleh beberapa pimpinan organisasi, yakni Direktur Eksekur Madina Insitute, Al Hasan Nasution; Ketua PC GMPI, M. Irwansyah Lubis; Sekretaris DPD KNPI Madina, Khairil Amri; Ketua Umum DPP IMMAN, Hapsin Nasution; Ketua JAM NU, Samsul Hidayat Borotan; Ketua LSM Fokrat, Aswardi Nasution; Ketua PC Lingkar Muda Madani, M. Sahnan Siregar; Ketua Presidium Almandily, Abdul Wahab Dalimunthe; Ketua LSM Concent, Dahler Lubis; Ketua Mandailing Natal Foundation, Hardiansyah Pakpahan; Ketua KLH, Samhur Hasibuan; Ketua MP3, M. Yahya Rangkuti; Ketua LSM Forensik, M. Taufik Daulay dan Sekretaris PC GPK, Rizky Agustinhar beserta sejumlah aktivis muda lainnya.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi