Kemenag Madina Gelar Seleksi Petugas Haji Tahun 1440H/2019

Panyabungan,StArtNews-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal  menggelar seleksi  petugas Haji tahun 1440/2019. Rekrutmen petugas haji ini dilakukan secara berjenjang,  mulai dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hingga ke Pusat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.  Mandailing Natal Dr.  H.  Dur Brutu,  MA, Selasa (26/2) mengatakan,   rekrutmen petugas haji yang digelar ini untuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dan petugas yang menyertai jemaah (kloter) yaitu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

“Proses seleksi ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia di tingkat Kantor Kemenag Kab/Kota, yaitu tes tertulis, sebelumnya dilaksanakan seleksi administrasi oleh panitia yang diketuai oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Mandailing Natal. IHasil seleksi petugas haji ini, akan dilaporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, untuk ditetapkan sebagai peserta pelaksanaan seleksi petugas haji tingkat Provinsi nantinya,”kata Dur Brutu.

Ditambahkannya,  pelaksanaan seleksi di tingkat provinsi dilaksanakan secara online dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Dur Brutu juga mengingatkan para peserta seleksi untuk serius menjalaninyam Apapun hasilnya harus diterima dengan  baik.

Sementara itu,  Kasi PHU H. Ikhwan Siddiqi, S. Ag, MA selaku Ketua Panitia menyampaikan pelaksanaan seleksi ini berdasarkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh 17 Tahun 2019 Pedoman Rekrutmen Petugas Haji Indonesia dan Surat Kepala Kanwil kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara tentang Pelaksanaan rekrutmen Petugas Haji. Peserta yang mengikuti seleksi ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari, TPHI : 5 orang, TPIHI Kemenag : 3 orang, TPIHI Pesantren Musthafawiyah Purba Baru : 2 orang, dan PPIH Arab Saudi : 1 orang, ujarnya.

“Proses seleksi dilakukan sebaik mungkin untuk mendapatkan petugas terbaik, agar penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik. Sebab sangat dibutuhkan petugas terbaik yang cakap dan mampu memberikan pelayanan pembinaan serta perlindungan kepada para jamaah haji dengan sepenuh hati dan ikhlas,” tandas  Ikhwan Siddiqi.

Pembuat Berita : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi