Kepala Sekolah SMAN 1 Kotanopan Didemo Siswanya

Kotanopan,  StArtNews- Dianggap otoriter dan arogansi,  siswa SMAN 1 Kotanopan Kab.  Mandailing Natal mendemon Kepala Sekolahnya. Dalam demontrasi ini,  mereka menuntut Kepala Sekolah diganti atau mundur dari jabatannya.

Demontrasi ini berlangsung,  Senin (4/3) di lapangan SMAN 1 Kotanopan dengan  di ikuti seluruh siswa.  Massa sempat keluar menuju jalan Lintas Sumatera untuk menyampaikan aspirasinya,  namun pihak Polsek dan Muspika Kotanopan  mengarahkan agar menyampaikan aspirasi ini tetap  di halaman sekolah saja.

Pantauan StArtnews,  para siswa yang demontrasi ini membawa dan membentangkan spanduk dan poster bertuliskan ” Tolak Kepala Sekolah yang arogan dan otoriter,  ganti Kepala Sekolah secepatnya,  kembalikan rasa kekeluargaan di sekokah,  tolak Kepsek yang merendahkan guru-guru kami,  tindak Kepsek yang menyalah gunakan jabatan, kami butuh bukan Kepsek yang sesuka hati” dan tulisan tulisan lainnya.

Koordinator Aksi, Haris Muda Batubara dan  M. Lutd dalam orasinya menyampiakan  5 tuntutan kepada Dinas Pendidikan Provinsi atau instansi  terkait lainnya.  Tuntutan itu berupa  agar Kepala Sekolah diganti,  Kepala Sekolah bersikap otoriter,  buruknya kepemimpinan Kepala Sekolah mempengaruhi kompotensi guru dan kondusifitas belajar mengajar.

Tuntutan lainnya,   Kepala Sekolah sering mengintimidasi warga sekolah baik secara langsung maupun tidak,  terhambatnya pengembangan bakat bidang ekstrakurikuler.  Siswa juga meminta Dinas  Pendidikan  Provinsi datang ke SMA 1 Kotanopan.  Massa juga berjanji apabila tuntutan ini tidak disahuti,  maka mereka akan terus melakukan mogok belajar.

” Belajar mengajar tidak ada ketenangan lagi,  guru guru kami di intimidasi,  suasana tidak kondusif lagi,  warga sekolah resah.  Aspirasi ini harus kami sampaikan untuk perbaikan sekolah.  Terkait kegiatan ekstrakurikuker,  kita tidak pernah lagi mengikutinya, padahal itu merupakan tempat pengembangan  bakat siswa ” ujar Haris Muda Batubara.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kotanopan Siti Aminah,  S.  Pd,  MM, yang di komfirmasi terkait tuntutan siswa ini mengatakan, sebagai Kepala Sekolah dirinya siap menampung aspirasi baik dari guru dan siswa.  Namun dirinya berharap agar disampaikan secara elegan dan musyawarah.

” Sebagai solusi untuk hari ini,  rencananya besok,  Selasa (5/3) akan dilaksanakan duduk bersama,  mulai dari Muspika Kotanopan,  perwakikan siswa,  guru,  dari UPT Dinas Pendidikann Provinsi dan unsur terkait lainnya untuk mencarikan solusi terhadap tuntutan siswa ini.  Jadi hari ini siswa kita minta kembali belajar dan besok  akan ada solusinya” ujar Kepala Sekolah.

Pantauan, sampai berita ini diturunkan pukul 11.30 WIB,  siswa masih terus melakukan demontrasi di halaman SMAN 1 Kotanopan.  Mereka enggan keluar dari arena demontrasi sebelum ada solusi untuk tuntutan nereka.  Sedangkan pihak kepolisian dari Polsek Kotanopan di bantu anggota Koramil 14 Kotanopan terus memantau situasi.

Pihak Muspika Kotanopan,  mulai dari Camat, Kapolsek dan Danramil 14 Kotanopan terus bernegoisasi dengan siswa agar mereka membubarkan diri karena besok sudah ada kesepakatan duduk bersama untuk mencarikan solusi  terhadap tuntutan siswa ini.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi