Ketua PC GMPI Madina Desak Kementerian ESDM Publikasi Hasil Audit Kasus SMGP

Panyabungan, StArtNews-Pasca beroperasinya kembali sebagian aktivitas PT SMGP sesuai surat keputusan Kementerian ESDM terus menuai protes dan kecaman dari sejumlah elemen masyarakat yang melihat keputusan tersebut sebagai kebijakan yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat.

Salah satunya datang dari Ketua PC GMPI (Generasi Muda Pembangunan Indonesia), M. Irwansyah Lubis yang menilai izin operasi sebagian aktivitas PT SMGP sarat masalah dan kontraversi. Terlebih, jelasnya, sampai saat ini belum ada audit menyeluruh yang dirilis Kementerian ESDM terkait tragedi gas beracun yang menewaskan 5 warga Desa Sibanggor pada 25 Januari lalu.

“Kita menilai izin pengoperasian kembali PT SMGP sarat masalah dan kontroversi. Faktanya, sampai saat ini belum ada hasil audit menyeluruh  yang dirilis oleh Kementerian ESDM terkait kecelakaan panas bumi di PLTP Sorik Marapi yang menewaskan 5 orang warga dan 52 orang lainnya terpaksa dirawat secara serius,” jelas Irwansyah Lubis saat akan menggelar diskusi ilmiah bertajuk “Ada Apa Dengan Pengoperasian Kembali PT SMGP?”, Senin (1/3).

Sekretaris DPC PPP Madina ini mengungkapkan investigasi menyeluruh dan audit internal perusahaan yang dijanjikan Kementerian ESDM sedang ditunggu masyarakat. Ia juga mendesak hasil audit tersebut diperlihatkan kepada publik secara transparan.

Ia menambahkan hasil audit menyeluruh dari Kementerian ESDM ini  menjadi salah satu indikator layak tidaknya sebuah PLTP beroperasi kembali dan bukan suatu hal yang tabu untuk diketahui publik.

Mantan Anggota DPRD Madina ini menyayangkan keputusan Kementerian ESDM yang menyetujui pengoperasian kembali PT SMGP mengingat belum adanya sanksi yang dijatuhkan dan proses hukum yang masih berjalan serta Pansus DPRD Madina yang masih bekerja terkait kasus ini.

Mantan Sekjend IMA Madina ini meminta dedikasi dan profesionalisme kinerja dari Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal  Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM beserta para inspektur tambang untuk bekerja sesuai kajian akademis, data valid serta fakta riil di lapangan.

Diskusi ini dihadiri oleh beberapa pimpinan organisasi, yakni Direktur Eksekur Madina Insitute, Al Hasan Nasution; Ketua PC GMPI, M. Irwansyah Lubis; Sekretaris DPD KNPI Madina, Khairil Amri; Ketua Umum DPP IMMAN, Hapsin Nasution; Ketua JAM NU, Samsul Hidayat Borotan; Ketua LSM Fokrat, Aswardi Nasution; Ketua PC Lingkar Muda Madani, M. Sahnan Siregar; Ketua Presidium Almandily, Abdul Wahab Dalimunthe; Ketua LSM Concent, Dahler Lubis; Ketua Mandailing Natal Foundation, Hardiansyah Pakpahan; Ketua KLH, Samhur Hasibuan; Ketua MP3, M. Yahya Rangkuti; Ketua LSM Forensik, M. Taufik Daulay dan Sekretaris PC GPK, Rizky Agustinhar beserta sejumlah aktivis muda lainnya.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi