Klaim PT SMGP Suplai 140 MW Hanya Lips Service

Panyabungan, StArtNews-Klaim Direktur Utama PT SMGP, Riza Glorrius Pasikki bahwa di akhir tahun 2021 perusahaan yang ia pimpin mampu menyuplai listrik sebesar 140 MW dinilai hanya lips service semata.

Hal itu disampaikan beberapa aktivis muda Mandailing Natal (Madina) yang terdiri dari lintas organisasi, Minggu (28/2) di Panyabungan.

“Pernyataan Riza ini kita nilai hanya gaya murahan yang klise untuk cuci tangan dan berupaya meyakinkan pihak luar bahwa PT SMGP dinilai masih mampu berdiri dengan managemen apa adanya,” jelas Ketua PC GMPI Madina, Irwansyah Lubis yang turut dalam diskusi terkait pengoperasian kembali PT SMGP.

Pernyataan Pasikki itu juga dalam pandangan mereka tidak realistis dan terkesan menyepelekan nyawa dan keselamatan masyarakat di wilayah kerja perusahaan (WKP). Apalagi hasil investigasi Kementerian ESDM mencuatkan fakta terjadi maloperasional dalam aktivitas yang menewaskan 5 warga Desa Sibanggor Julu pada 25 Januari 2021 lalu.

Sementara itu Ketua LSM Fokrat, Aswardi Nasution menambahkan, statement Pasikki tersebut bisa menyesatkan publik yang seakan tidak ada permasalahan berarti di dalam aktivitas PT SMGP dan perusahaan terkesan all out untuk beroperasi secepat mungkin.

Direktur Eksekutif Madina Institute, Al Hasan Nasution menambahkan alih-alih beroperasi kembali, PT SMGP menurutnya lebih baik fokus pada penanganan dan penyelesaian secara konfrenshif dampak kesehatan, sosial, ekonomi, kompensasi, perawatan dan tuntutan lain dari korban yang belum seluruhnya tersalurkan dengan baik.

Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kab Madina ini menegaskan PT SMGP harus profesional dan memenuhi seluruh rekomendasi teknis (12 poin) hasil investigasi kementerian ESDM dan menjamin tidak akan ada lagi kejadian berulang atau pelanggaran SOP dalam operasionalisasi PT SMGP.

Diskusi ini dihadiri oleh beberapa pimpinan organisasi, yakni Direktur Eksekur Madina Insitute, Al Hasan Nasution; Ketua PC GMPI, M. Irwansyah Lubis; Sekretaris DPD KNPI Madina, Khairil Amri; Ketua Umum DPP IMMAN, Hapsin Nasution; Ketua JAM NU, Samsul Hidayat Borotan; Ketua LSM Fokrat, Aswardi Nasution; Ketua PC Lingkar Muda Madani, M. Sahnan Siregar; Ketua Presidium Almandily, Abdul Wahab Dalimunthe; Ketua LSM Concent, Dahler Lubis; Ketua Mandailing Natal Foundation, Hardiansyah Pakpahan; Ketua KLH, Samhur Hasibuan; Ketua MP3, M. Yahya Rangkuti; Ketua LSM Forensik, M.Taufik Daulay dan Sekretaris PC GPK, Rizky Agustinhar serta Ketua Gema Madina, Akbar Lubis.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi