Konservasi BBM Ke BBG Pada Kapal Nelayan Pantai Barat Duga Akan Menimbulkan Kelangkaan

Mandailing Natal, StArtNews – Peralihan penggunaan Bahan Bakar Minyak Kapal nelayan di wilayah Pantai Barat ke Bahan Bakar Gas atau LPG akan berdampak pada kelangkaan untuk kebutuhan rumah tangga.

Peralihan ini adalah sebagai bentuk program dari kementrian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) sebagai pelaksanaan Konservasi BBM ke BBG kapal nelayan di wilayah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal.

“Dalam program ini juga sudah dilakukan sosialisai terlebih dahulu oleh kementrian ESDM dan pihak Pertamina pada bulan lalu di Kecamatn Natal untuk melakukan konservasi BBM agar mengehemat biaya para nelayan sekali melaut,” ujar Kadis Kelautan Mandailing Natal Bahren Lubis di ruang kerjanya Selasa kemarin (05/03/19).

Dia menjelaskan sebanyak 381 kapal nelayan telah menerima paket berupa mesin kapal, alat pengubah konsumsi BBM ke BBG dan tabung LPG beserta isinya.

Dalam untuk kebutuhan BBG bagi para nelayan yang mendapatkan bantuan sebelumnya juga di sosialisasikan oleh pihak Pertamina agar terhindar dari kelangkaan Gas bagi kebutuhan rumah tangga.

“Sosialisasi Pertamina dengan para nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut sudah di anjurkan untuk penambahan kouta khusus bagi nelayan namun tampaknya hingga sekarang belum terealisasi dan berharap agar bidang Perekonomian daerah untuk bekerja sama,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya penghematan dana kapal laut terlihat signifikan dalam melakukan peralihan BBM ke BBG karena sangat relatif murah karena rute yang di tempuh oleh para nelayan sekali melaut berbanding  7 liter BBM dengan Gas melon LPG 3 klogram.

Sementara dari pihak instansi Perekonomian Mandailing Natal belum bisa memverifikasi terkait kebutuhan BBG untuk rumah tangga dan para nelayan yang mendapatkan bantuan konservasi BBM ke BBG yang di adakan program kementerian ESDM tersebut.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi