Hak Cipta @Redaksi

KP USU Diminta Transparan Tentang Kepesertaan Plasma

Truk pengangkut kelapa sawit KP USU ke pabrik Kelapa Sawit

Panyabungan.StArtNews- Kalangan masyarakat meminta Koperasi Pengembangan Universitas Sumatera Utara (KP USU) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Mandailing Natal, agar transparan tentang kepesertaan plasma dan disampaikan kepada publik.

Tuntutan itu disampaikan Tokoh Pemuda Lintas Kecamatan Muara Batanggadis, Sapril, SE kepada StArtNews, Kamis (27/7) di Panyabungan.

Sapril menjelaskan bahwa Pemerintah sudah mewajibkan setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit menyediakan minimal 20 persen dari kebun inti untuk plasma.

Hal tersebut katanya berdasarkan UU nomor 18 tahun 2004 tentang perkebunan dan Peraturan Menteri Pertanian nomor 26/Permentan/OT.140/2/2007 tentang pedoman perizinan usaha perkebunan, bahwasanya mewajibkan kepada perusahaan perkebunan melakukan kemitraan dengan masyarakat sekitar perkebunan, antara lain membangun kebun untuk masyarakat sekitar (kebun plasma) paling rendah 20 persen dari total luas areal kebun yang diusahakan oleh perusahaan.

Sampai saat ini, dimana sejak bulan Januari hingga bulan Juli 2017 KP USU sudah beroperasi, namun KP USU diduga tidak transparan tentang kepesertaan plasma kepada masyarakat empat desa di Kecamatan Muara Batanggadis. Padahal, menurut tokoh pemuda Muara Badanggadis tersebut, truk sudah terlihat mengangkut hasil kebun sawit KP USU sekitar tiga truk per hari, atau berkisar 20 ton per hari.

Untuk itu Sapril meminta kepada KP USU dan Pemerintah Kabupuaten Mandailing Natal agar segera menyelesaikan permasalahan plasma mau pun transparansi kepesertaan plasma tersebut agar hati masyarakat tidak tercederai.

Selain itu, dia juga berharap kepada pemerintah agar KP USU ditindak tegas kalau tidak mematuhi aturan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...