Menhan AS: Kota Mosul Akan Direbut Sebelum Donald Trump Dilantik

menhan-as-kota-mosul-akan-direbut-sebelum-donald-trump-dlantik

Koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) saat ini terus berusaha merebut Kota Mosul, dari tangan ISIS. Namun setelah lebih dari satu bulan, peperangan masih belum dimenangkan.

Fakta ini disadari betul oleh Menteri Pertahanan AS, Ash Carter. Meski demikian, ia yakin, Mosul akan segera direbut dalam waktu dekat.

“Sangat mungkin Mosul kami rebut sebelum Donald Trump menjalankan tugasnya sebagai Presiden,” ucap Carter seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/12/2016).

Walau begitu, Carter menegaskan bukan perkara mudah merebut Mosul. Harus ada upaya ekstra demi mengalahkan ISIS di kota itu.

“Memang ini begitu mungkin tapi ini akan jadi pertarungan yang sangat sengit,” tambah dia.

AS diketahui membantu pasukan Irak dan Kurdi bertempur di Mosul melalui serangan udara.

Sementara untuk serangan darat militer Irak dan Kurdi mengerahkan 100 ribu pasukan. Mereka pun mengklaim telah mengepung ISIS di Mosul dari seluruh arah.

Mosul saat ini menjadi sangat penting. Pasalnya, wilayah itu menjadi satu-satunya kota besar di Irak yang masih dikuasai ISIS.

Sejumlah pihak meyakini direbutnya Mosul dapat semakin memperlemah ISIS secara keseluruhan. Sebab, kota tersebut dijadikan kelompok teroris itu, sebagai pusat kegiatan mereka.

Mosul sendiri direbut ISIS pada 2014. Sejak saat itu pula mereka mendeklarasikan mendirikan kekhalifahan di Suriah dan Irak.

Sumber : liputan.com

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi