Minum Paracetamol setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Boleh atau Tidak?

Tips dan Info – Beberapa orang merasakan efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19. Dalam dunia medis, reaksi ini dikenal dengan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Menurut Kementerian Kesehatan, efek setelah disuntik vaksin Covid-19 yang biasanya muncul di sekitar lokasi suntikan di antaranya nyeri, kemerahan, dan sedikit bengkak.

Selain itu, orang yang baru divaksin juga bisa merasakan demam, nyeri otot, nyeri sendi, lemas, dan sakit kepala. Lantas, apakah boleh seseorang minum paracetamol setelah disuntik vaksin Covid-19?

Bolehkah minum paracetamol setelah vaksin Covid-19? Menurut Satuan Tugas Penanganan Covid-19, orang yang merasakan demam, nyeri otot, atau badan pegal-pegal setelah disuntik vaksin Covid-19 boleh minum paracetamol sesuai dosis yang dianjurkan di kemasan obat.

Jika lengan yang disuntik terasa tidak nyaman seperti nyeri, bengkak, atau kemerahan, gunakan kompres dingin di area tersebut. Caranya, siapkan kompres dingin dengan membungkus es batu ke dalam handuk atau kain bersih kecil. Setelah itu, tempelkan selama beberapa saat sampai lengan terasa nyaman.

Apabila muncul efek vaksin Covid-19 yang serius seperti biduran, tubuh membengkak, reaksi alergi parah, atau pingsan, segera bawa ke rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan terdekat.

Jangan khawatir, umumnya efek samping vaksin Covid-19 ringan dan berlangsung singkat.

Efek ini bisa sembuh sendiri atau bisa diatasi dengan minum paracetamol setelah diberi vaksin Covid-19. Perlu diingat, jangan minum paracetamol untuk mencegah efek samping vaksin Covid-19, atau sebelum disuntik vaksin Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hanya menganjurkan orang minum paracetamol setelah disuntik vaksin Covid-19, atau ketika ada efek samping muncul.

Kebijakan ini dibuat dengan pertimbangan para ahli hingga kini belum mengetahui dengan pasti bagaimana obat penghilang rasa sakit sebelum vaksinasi memengaruhi kinerja vaksin.

Apa yang perlu dilakukan setelah vaksin Covid-19? Manfaat vaksin Covid-19 terbukti dapat mencegah infeksi serius dan kematian akibat serangan virus corona SARS-CoV-2.

Kendati vaksin Covid-19 efektif melindungi kita dari infeksi berat dan mencegah kematian, Anda tetap disarankan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Caranya: Jaga jarak minimal satu meter dari orang lain Gunakan masker, terutama di tempat ramai, di dalam ruangan tertutup atau berventilasi udara buruk Sering bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun, atau gunakan hand sanitizer.

Setiap batuk dan bersin, tutupi dengan bagian dalam siku Saat berada di dalam ruangan bersama orang lain, pastikan sirkulasi udara terjaga dengan baik, seperti dengan membuka jendela Dengan kombinasi antara vaksin Covid-19 dan protokol kesehatan ketat, kita bisa terlindungi dari infeksi virus corona.

Sumber : Kompas.com

 

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi