MKS Madina Gelar Pengukuhan Kepengurusan Bundo Kanduang

Panyabungan, StArtNews-Minangkabau Saiyo (MKS) Madina mengukuhkan kepengurusan Bundo Kanduang masa bakti 2021-2026, Sabtu (6/3) di Masjid Taqwa Pasar Lama, Panyabungan.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qoriah Limpapeh (Gadis Minang) MKS, Wahyu Fitriana Devi, M.Pd.

Ketua Bundo Kanduang periode sebelumnya, Dian Lukman meyakini Bundo Kanduang akan berjalan ke arah yang lebih baik.

“Qoriah dan Bundo Kanduang MKS merupakan Dosen yang membaktikan diri di STAIN Madina. Saya yakin di tangan kepengurusan sekarang dapat membawa Bundo Kanduang MKS ke arah yang lebih baik,” kata Dian Lukman, Ketua Bundo Kanduang periode sebelumnya.

Dalam acara pengukuhan ini, selain tabligh akbar juga dihiasi pembacaan Gurindam Minang berjudul “Surek Mandeh” (Surat Ibu-red) karya Irwan Datuak Simarajo.

“Pandai-pandai hidup di rantau. Bagaimanapun sibuk usaha, salat dan bermasyarakat jangan ditinggalkan. Seandainya Mandeh dipanggil Yang Kuasa hanya satu yang Mandeh harapkan: Tolong doakan Mandeh setiap salat,” demikian isi sebait gurindam yang diiringi sayup-sayup saluang bansi hingga membuat yang hadir terbawa suasana haru.

Dalam tabligh akbar, Fauzul Fil Amri, M.Pd, mengulas tentang begitu penting dan istimewanya peran Bundo Kanduang dalam Islam dan Minangkabau. Ia mencontohkan Rahmah El Yunusiah, pendiri Diniah Putri Padang Panjang yang merupakan sekolah Islam dan menjadi rujukan untuk membuat kelas putri di Al-Azhar Mesir.

Humas MKS, Amin Tanjung merasa bangga dengan kegiatan yang penuh haru ini terlebih yang hadir jauh melampaui undangan yang disebar.

“Puas, bangga dan haru. Itu yang saya rasakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua MKS Madina, Defrion Chaniago berharap kekompakan MKS semakin solid dan semua program yang direncanakan bisa berjalan dengan baik sehingga memberikan kontribusi positif bagi Mandailing Natal.

Di akhir acara, Rang Mudo MKS memberikan sumbangan untuk pembangunan TPA MKS. Sumbangan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Rang Mudo MKS, Dodi Gunawan kepada Bendahara TPA MKS, Reni Handayani. S.Pd.

Reporter: Ika Rodhiah Putri
Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi