Pagi Ini Calhaj Madina Terbang ke Arab Saudi, Bupati Ingatkan Jamaah Kurangi Selfie – Radio START FM Panyabungan

Pagi Ini Calhaj Madina Terbang ke Arab Saudi, Bupati Ingatkan Jamaah Kurangi Selfie

Medan, StartNews ā€“ Anggota Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang bersama Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution melepas keberangkatan jamaah calon haji (Calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama asal Madina dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu Deliserdang, Rabu (24/5/2023). Pagi ini sekitar pukul 7.25 WIB jamaah Calhaj Madina kloter pertama akan terbang ke Tanah Suci Arab Saudi.

Pelepasan jamaah Calhaj Madina itu juga dihadiri Staf Ahli Kementerian Agama Hasan Basri, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr. Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumut H. Ahmad Cosbi, dan Ketua TP PKK Madina Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution.

Pada kesempatan itu, Bupati Madina Sukhairi mengingatkan para Calhaj menaati aturan swafoto (selfie) yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Dia meminta para Calhaj mengurangi kebiasaan swafoto tersebut.

Selfie (swafoto) boleh. Mungkin mau foto-foto untuk kenangan, tapi jangan sampai mengganggu orang lain dan mengganggu ibadah bapak-ibu,” kata Sukhairi.

Sukhairi juga mengingatkan kepada para Calhaj agar fokus beribadah di Tanah Suci Makkah. Selain itu, dia juga mengimbau para Calhaj tetap menjaga kesehatan dan terus berkomunikasi dengan pendamping kloter.

“Kalau ada yang tidak tahu, tanyakan saja kepada petugas, karena sebagian besar Calhaj belum pernah pergi berhaji,” kata Sukhairi.

Ibadah haji tahun ini mengusung tagline: Haji Ramah Lansia. Itu sebabnya, Sukhairi meminta para Calhaj yang lebih muda dan lebih kuat memperhatikan dan membantu para Calhaj yang lebih tua.

“Tolong-menolong bagian dari ibadah. Jaga kerukunan dan silaturahmi,” katanya.

Sementara Marwan Dasopang mengaku memahami betapa lelahnya perjalanan dari Madina hingga ke Medan, lalu dilanjutkan ke Tanah Suci Makkah.

“Pesan Pak Bupati tadi, mari kita dengarkan, mari kita manfaatkan,” kata Marwan.

Selain mengingatkan agar menjaga kesehatan, dia juga mendoakan para Calhaj agar selamat hingga pulang ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur.

Reporter: IRP

Komentar Anda

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Request Lagu
Loading...